Cara Berjualan Online Agar Laris Bagi Pebisnis Pemula

Cara Berjualan Online Agar Laris
Cara Berjualan Online Agar Laris

Cara berjualan online agar laris menjadi salah satu informasi penting yang paling banyak dicari belakangan ini. Ya, banyak orang sudah mulai sadar bahwa sebagus apapun produknya jika tidak memiliki strategi marketing yang mumpuni akan sulit menemukan pelanggan.

Namun kabar baiknya, di era digital sekarang ini menemukan pelanggan jauh lebih mudah dengan menerapkan strategi jualan online yang tepat.

Jika strategi yang Anda jalankan mumpuni, toko online Anda akan dikenali dan mudah menjangkau pelanggan dari berbagai wilayah bahkan di seluruh Indonesia. Seperti apa cara berjualan online agar laris yang bisa diterapkan pebisnis pemula? Berikut informasinya!

Cara Berjualan Online Agar Laris Bagi Pebisnis Pemula

Cara Berjualan Online Agar Laris
Cara Berjualan Online Agar Laris

Susun rencana bisnis yang baik

Setelah Anda tahu produk apa yang akan Anda pasarkan, nilai jual produk Anda, dan juga kelebihan produk Anda maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mulai menyusun sebuah rencana bisnis.

Rencana bisnis yang Anda harus susun meliputi keseluruhan hal yang bersangkutan atau terkait pada jalannya bisnis Anda nantinya. Mulai dari nama brand atas produk yang Anda jual, harganya sampai dengan strategi cara berjualan online agar laris juga perlu Anda pikirkan.

Bacaan Lainnya

Dengan menyusun sebuah rencana bisnis yang baik, usaha yang Anda jalankan memiliki arah atau peta sehingga jika terjadi suatu masalah, bisnis tidak akan mudah goyah.

Baca juga : Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Paling Baru dan Inovatif

Buat beberapa plan atas bisnis Anda

Seorang pengusaha tentu sudah tahu bahwa dalam kehidupan berbisnis apapun bisa terjadi. Oleh sebab itu planning yang matang diperlukan sebagai salah satu cara berjualan online agar laris manis. Jangan hanya mengandalkan satu planning karena jika planning yang direncanakan memberikan output yang tidak sesuai, Anda akan stress dan bahkan galau berkepanjangan.

Oleh sebab itu bangun beberapa plan sekaligus dalam menjalankan bisnis termasuk bisnis online sehingga jika plan A tidak memberikan output yang maksimal masih ada plan B yang bisa dijalankan.

Tentukan platform penjualan online Anda

Bagi Anda yang ingin mulai berjualan online, pastikan Anda menentukan terlebih dahulu platform apa saja yang akan Anda manfaatkan untuk menjual dan mempromosikan produk Anda.

Anda bisa menjual produk Anda di sosial media seperti Facebook, Instagram atau TikTok Shop. Menjual via website dan bahkan memanfaatkan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan sebagainya.

Tak harus berfokus pada satu platform penjualan saja, Anda juga bisa mengombinasikan penjualan di berbagai platform. Misalkan selain menjual produk secara online melalui sosial media, Anda juga menjual produk melalui marketplace dan website. Dengan begitu potensi customer menemukan produk Anda bisa datang dari segala arah.

Baca juga : Usaha Modal Kecil Untung Besar yang paling Mudah Dijalankan

Selalu promosikan toko Anda di jaringan grup atau forum sosial media

Memiliki marketplace, sosial media dan situs web yang bagus saja tidak cukup mendatangkan lalu lintas pelanggan dan penjualan dengan maksimal. Oleh sebab itu meski sudah banyak penjualan di marketplace, sosial media dan situs web Anda tetap harus memanfaatkan grup atau forum sosial media untuk mendatangkan semakin banyak pelanggan baru.

Kenalkan produk Anda dan usaha Anda kepada lebih banyak orang lagi dan ke lebih banyak komunitas lagi dari waktu ke waktu karena dari sana akan semakin banyak orang yang tahu dan mengenal produk serta toko Anda.

Manfaatkan the power word of mouth

Ya, promosi dari mulut ke mulut harus Anda pertimbangkan. Meski toko Anda adalah toko online bukan toko secara fisik namun the power word of mouth masih harus sangat Anda pertimbangkan.

Buat banyak orang ingin membicarakan toko online Anda dan mau membicarakan toko online Anda. Entah dengan membuat konten yang menarik di sosial media, membuat produk yang unik, memberikan diskon atau giveaway yang membuat mereka harus share tentang produk Anda dan sebagainya. Cara tersebut sangat ampuh untuk menjalankan the power word of mouth.

Baca juga : Bisnis Sampingan Karyawan Prospek Dan Menjanjikan

Jangan lupa berikan promosi dan diskon

Cara berjualan online agar laris lainnya yang juga penting adalah berusaha menyenangkan pelanggan atau calon pelanggan. Bagaimana cara menyenangkan pelanggan atau calon pelanggan yang bisa dilakukan?

Cukup banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan promosi dan memberikan diskon. Siapa sih yang tidak suka diskon? Hampir setiap orang kalau belanja online selalu mencari diskon.

Ada banyak ide promosi dan diskon yang bisa Anda jalankan untuk membuat pelanggan atau calon pelanggan betah berlama – lama ada di toko online Anda bahkan sampai berbelanja di toko online Anda.

Beberapa ide promosi dan diskon yang bisa Anda jalankan di antaranya :

  • Memberikan promo gratis ongkir
  • Memberikan giveaway ketika ada moment tertentu

Baca juga : Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Untungan Besar Modal Kecil

Contoh Cara Merealisasikan Promosi

Bagaimana cara merealisasikan promosi dan diskon untuk sebuah usaha online baru agar tidak boncos?

Ada beberapa tips dan cara yang bisa Anda jalankan agar ketika promosi dan diskon dijalankan tidak membuat usaha Anda boncos. Salah satu caranya adalah ketika Anda memberikan diskon dan promo, pastikan bahwa Anda sudah menentukan harga pokok penjualan atas produk yang Anda jual.

Jadi pastikan diskon dan promo yang Anda berikan tersebut tidak dibanderol dibawah harga pokok penjualan. Sebagai contoh :

Ari adalah seorang pebisnis online pemula yang ingin menjual cokelat keju aroma. Ia tidak memproduksi sendiri cokelat keju aroma tersebut melainkan ia memasok dari supplier.

Supplier memberikan harga cokelat keju aroma per box seharga Rp 11.000,00. Jadi harga pokok penjualan cokelat keju aroma tersebut sebesar Rp 11.000,00. Ari berkeinginan menjual cokelat keju aroma per box dengan harga Rp 17.000,00 – Rp 19.000,00.

Karena Ari baru mulai usaha dan ingin produknya laris, maka Ari berkeinginan memberikan diskon terhadap customer atau pembeli. Ari tidak boleh memberikan diskon up to 50% dari harga jual yang ditetapkan karena diskon sebanyak itu dapat menutup harga pokok penjualan yang harus dikeluarkan.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Hingga Sukses

Jadi, Ari hanya bisa memberikan maksimal diskon 30% sehingga nantinya diskon yang diberikan masih dapat menutup harga pokok penjualan. Dengan diskon 30% yang diberikan pada event atau persyaratan tertentu, Ari masih bisa meramaikan tokonya dengan diskon namun Ari pun tetap tidak rugi.

Dengan diskon tersebut, seorang customer yang berhasil meraih diskon maka membuatnya harus membayar sebesar Rp 17.000,00 – Rp 5.100,00 (diskon 30% jika cokelat keju aroma dijual dengan harga Rp 17.000,00) sehingga uang penjualan yang Ari terima dari customer yang mendapatkan diskon sebesar Rp 11.900,00.

Ari memang tidak mendapatkan keuntungan maksimal ketika diskon diberikan, namun Ari juga tidak menelan kerugian. Nah strategi pemberian diskon yang semacam ini bisa dilakukan oleh Anda yang ingin meramaikan toko online Anda namun tidak ingin sampai boncos.

Itulah sedikit tips cara berjualan online agar laris yang bisa Anda praktekkan. Dengan cara di atas tentu Anda dapat membuat jualan online berkembang dengan pesat.

Masih Bingung mau jualan apa?

Gabung di BULALA aja bung… Disediakan Produknya & Di ajarin Caranya !

 

bulala_buka_langsung_laris_goodbiz

Untuk memulai jualan online bagi pemula agar tidak terlalu banyak resiko yang di tanggung, alangkah baiknya kamu memulai bisnis online dengan sistem dropship tanpa modal bersama BULALA saja. Sebab disini kamu akan di ajarin ilmu jualannya dan juga di sediakan produk yang siap kamu jual di berbagai marketplace. Misalnya di shopee.

Tak bisa di pungkiri bisnis bukan sebuah hal yang mudah. Berapa banyak orang yang gagal dalam menjalankan bisnis. Hal itu di sebabkan tidak memiliki keilmuan yang memadai. Alangkah jauh lebih bijak apabila mempelajari dahulu seluk beluk bisnis dengan belajar dari mentor yang berpengalaman.

Kamu bisa ambil barang di BULALA, lalu jual di shopee. Strategi jualan agar Laris akan di ajarkan melalui ecourse yang tersedia serta di mentori oleh mentor yang berpengalaman. Sehingga kamu tak usah khawatir bingung. Perjalanan bisnis kamu akan lebih terarah dan lebih cepat mendapatkan kesuksesan.

Dibandingkan belajar sendiri, mencari trial error sendiri butuh waktu yang lama, biaya yang mahal serta tidak mudah. Lebih baik belajar dari pengalaman orang lain saja agar tidak mengulangi kesalahan yang serupa.

Gabung Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.