Cara Dagang Online Bagi Pemula Agar Laris

cara dagang online untuk pemula
cara dagang online untuk pemula

Mulai menjalankan usaha dagang online memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Orang yang minim pengalaman sekalipun bisa sukses dagang online jika belajar cara dagang online bagi pemula seperti apa, mencari tahu kiat – kiatnya dan belajar strateginya.

Semua itu menjadi informasi penting yang sangat diperlukan pemula jika ingin cepat berhasil dan tidak mengalami pahitnya kerugian. Adapun tata cara dagang online untuk pemula yang tepat akan kami bahas dalam informasi berikut ini!

Cara Dagang Online Bagi Pemula

cara dagang online untuk pemula
cara dagang online untuk pemula

Cari tahu kebutuhan pasar

Hal pertama yang Anda harus lakukan jika ingin mulai dagang online adalah mencari tahu kebutuhan pasar seperti apa. Hal ini dilakukan agar produk yang Anda jual tidak susah menemukan pelanggan.

Pastikan Anda berusaha menemukan produk yang banyak dicari namun tidak banyak orang menjualnya sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk memenangkan pasar.

Jadi intinya dalam berbisnis apapun bisnisnya, pastikan Anda selalu berusaha memberikan solusi atas masalah yang dihadapi target market Anda. Hal ini penting sebab konsep berpikir konsumen adalah bagaimana masalah mereka terselesaikan.

Bacaan Lainnya

Baca juga : Usaha Modal Kecil Untung Besar yang paling Mudah Dijalankan

Temukan ide bisnis yang sesuai kebutuhan pasar

Cara dagang online bagi pemula yang selanjutnya penting diperhatikan adalah bagaimana seorang calon pebisnis menemukan ide bisnis. Agar bisa menemukan ide bisnis yang tepat, ada beberapa tips yang bisa dijalankan yaitu :

  • Menemukan masalah yang dialami pasar
  • Peka terhadap masalah yang diri sendiri alami atau orang lain alami dan menjadikannya sebagai ide bisnis
  • Membuat bisnis dari keahlian atau hobi yang dimiliki
  • Mengombinasikan produk yang ingin dijual dengan produk sejenis untuk menciptakan produk baru dengan banyak kelebihan
  • Belajar dari trend masyarakat
  • Berpikir out of the box

Setelah menemukan ide bisnis, Anda bisa mendiskusikan ide bisnis tersebut dengan kerabat, teman atau keluarga. Kalau dirasa ada yang kurang, Anda bisa meminta solusi sebelum ide bisnis tersebut dieksekusi.

Baca juga : Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Paling Baru dan Inovatif

Pikir dengan matang produk yang akan Anda jual secara online

Setelah ide bisnis Anda dapatkan, selanjutnya Anda harus tentukan produk apa yang akan Anda jual. Apakah Anda akan menjual produk seperti tas, baju, perhiasan, furniture atau lainnya.

Setelah Anda mengetahui produk apa yang Anda akan jual, setelah itu Anda bisa mulai menentukan konsep produknya dan konsep marketingnya seperti apa. Tanpa tahu produknya konsep promosi akan sulit Anda tentukan.

Baca juga : Bisnis Sampingan Karyawan Prospek Dan Menjanjikan

Pahami kondisi pasar dan segmentasi pasarnya

Produk yang akan Anda jual baik yang berupa barang atau jasa pasti memiliki pangsa pasar tersendiri. Oleh sebab itu sebelum benar – benar menjual Anda harus selami terlebih dahulu seluk beluk produk berupa barang atau jasa yang Anda akan jual tersebut.

Setelah itu buat catatan kecil untuk memberikan informasi terhadap diri Anda sendiri sebagai pelaku bisnis tentang area fokus minat bisnis yang akan dijalankan, karakteristik pasar, kebutuhan pasar, status sosial, usia dominan dari calon pembeli dan sebagainya.

Dengan melakukan semua ini, Anda bisa menargetkan pangsa pasar secara lebih terarah sehingga promosi pun akan jauh lebih mudah nantinya.

Baca juga : Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Untungan Besar Modal Kecil

Lakukan riset harga produk

Cara dagang online bagi pemula yang juga tak kalah penting diperhatikan adalah soal harga. Anda harus tahu bahwa ketika memulai usaha dagang, Anda bukan pemain tunggal. Anda punya kompetitor dan bahkan semakin hari kompetitor Anda berpotensi semakin banyak.

Oleh sebab itu riset harga itu perlu. Anda boleh menentukan harga di bawah harga kompetitor atau bahkan di atas harga kompetitor. Namun ingat, ketahui plus minus produk Anda. Jika Anda ingin menetapkan harga di atas harga yang ditetapkan kompetitor, maka Anda harus memainkan otak dalam mengedukasi pasar tentang keunggulan produk Anda dan mengapa orang harus membeli produk Anda dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran tersebut. Inilah tantangannya.

Namun jika Anda menentukan harga pasar dibawah harga kompetitor, maka Anda harus punya manajemen keuangan yang baik agar terhindar dari kerugian. Anda juga harus terima dengan jumlah laba yang tidak terlalu besar.

Baca juga : Peluang Usaha dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

Tentukan target konsumen

Target konsumen juga harus Anda tentukan. Anda harus memastikan harga yang Anda banderol atas suatu produk sesuai dengan daya beli konsumen Anda.

Jangan menaksir harga terlalu tinggi kalau target konsumen Anda kelas menengah karena hal tersebut akan membuat produk Anda tidak terjangkau oleh konsumen yang Anda targetkan. Dalam membuat target  konsumen, Anda juga harus membuatnya sespesifik mungkin.

Selain daya beli, aspek lain yang harus dipertimbangkan adalah gender, usia, wilayah, minat dan sebagainya. Semakin detail dan mengerucut informasi terkait target konsumen, maka akan semakin mudah Anda menyasar target tersebut dan memberikan produk yang sesuai.

Baca juga : Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan Sepanjang Waktu

Pilih platform atau media untuk jualan secara tepat

Ada banyak platform jual beli online yang bisa Anda andalkan mulai dari Facebook, Instagram, WhatsApp atau Telegram. Selain itu Anda juga bisa memperbanyak pelanggan dengan bergabung di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, JD.ID, Bukalapak dan sebagainya.

Setelah membuat platform sebagai media jualan, jangan lupa Anda buat foto produk dan konten yang sesuai. Create foto produk dan konten dengan sebaik mungkin karena target pasar Anda adalah orang yang membeli produk secara online sehingga apa yang Anda tampilkan harus membuat mereka yakin bahwa mereka harus membeli produk Anda bukan produk orang lain.

Baca juga : Cara Melakukan Promosi di Instagram Bagi Pemula

Unggah konten secara rutin dan jaga konsistensi dalam pemasaran

Kalau Anda tidak memposting konten dan menginformasikan produk secara rutin, followers atau audiens lama kelamaan akan melupakan Anda. Oleh sebab itu pastikan Anda berusaha memposting produk secara rutin.

Konsistenlah dalam membangun citra brand. Ketika memposting buat caption yang jelas dan menarik. Jangan lupa cantumkan juga nomor kontak yang bisa dihubungi agar ketika ada orang yang ingin bertanya – tanya terkait produk bisa langsung menghubungi nomor kontak tersebut.

Baca juga : Ide Peluang Usaha di Kampung yang Bisa Online dan Menjanjikan

Rutinlah membuat promosi menarik

Setiap pembeli suka dengan promosi. Mereka suka dengan harga yang lebih murah, diskon, dan promo cashback atau gratis ongkir. Nah, Anda bisa membuat promosi sedemikian rupa untuk membuat pelanggan tertarik membeli produk Anda.

Anda bisa tetapkan apakah memberi promosi satu bulan sekali, dua kali dalam sebulan atau bahkan dua minggu sekali untuk mempertahankan pelanggan loyal.

Pertahankan pelanggan setia Anda

Kalau sudah cukup banyak pelanggan, jangan lupa pertahankan pelanggan setia Anda. Ya, mempertahankan pelanggan memang lebih sulit daripada mendapatkan pelanggan baru. Untuk itu Anda harus bekerja ekstra agar memiliki pelanggan loyal dan setia.

Ada cukup banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan setia mulai dari memberikan promo khusus, bertanya kabar, memberikan bonus tak terduga dan sebagainya.

Selain menerapkan semua cara dagang online untuk pemula di atas, hal yang tak boleh Anda lewatkan adalah evaluasi. Evaluasi setiap strategi marketing yang Anda jalankan, kesulitan dalam memasarkan produk dan menggaet pelanggan, hasil penjualan Anda, arus keuangan usaha Anda, kinerja karyawan jika memang ada dan berbagai hal penting lain.

Dengan selalu melakukan evaluasi, usaha Anda tidak akan stuck begitu saja dan Anda pun bisa memiliki strategi dalam meningkatkan usaha dan prospek penjualannya. Jadi seperti itu beberapa cara dagang online bagi pemula yang bisa dijalankan, semoga menjadi informasi yang membawa manfaat.

Baca juga : Peluang Usaha Sampingan di Rumah yang Menjanjikan

Mulailah Bisnis Online Tanpa Modal Terlebih dahulu

Dalam menjalankan bisnis tak lepas dari resiko yang akan di dapatkan. Berani memulai bisnis berarti berani menerima resiko yang akan kemudian di dapatkan. Resiko-resiko yang akan di dapatkan adalah kehilangan waktu, kehilangan uang, menguras pikiran, jualan tidak laku serta masalah-masalah lainnya dalam bisnis.

Untuk mengurangi tingkat resiko tersebut, alangkah jauh lebih baiknya memulai dengan bisnis tanpa modal tanpa resiko saja dahulu.

Apa lagi saat ini sedang trendnya bisnis dropship di marketplace.

Ya, kamu bisa memulai bisnis dropship dahulu.

Dropship yaitu bisnis tanpa modal dimana kamu menjualkan produk orang lain saja secara online. Bila ada yang order, kamu tinggal berikan alamat konsumen ke supplier lalu supplier yang akan mengirimkan barang tersebut ke alamat konsumen kamu.

Bila kamu ingin memulai bisnis dropship tanpa modal ini, ada rekomendasi tempat yang terbaik untuk kamu yaitu adalah BULALA

bulala_buka_langsung_laris_goodbiz

Di bulala, disediakan produk nya dan di ajarin cara jualnya bersama mentor.

Perlu di ketahui bahwa bisnis bukan perkara mudah, bila tidak tahu ilmunya bisa di prediksi akan gagal. Itulah kenapa banyak pebisnis pemula gagal. Sebab asal coba dan enggan mau belajar.

Meskipun bisnis dropship itu mudah, namun jangan sekali-kali meremehkan. Kalau emang mudah kenapa banyak juga dropshipper yang gagal tidak kunjung dapat orderan?.

Bekali ilmu terlebih dahulu untuk meminimalisir kegagalan. Lebih baik belajar dari pengalaman orang lain dari pada menciptakan pengalaman sendiri. Sebab itu butuh waktu lama.

Maka bergabung di BULALA ini adalah pilihan yang sangat tepat. Sesuai namanya, BULALA = BUka LAngsung LAris.

Karena disini akan di ajarin cara jualnya melalui ecourse yang di sediakan.

Selain itu terdapat mentor secara private yang bisa kamu bertanya kepada nya.

Tersedia lebih dari 16000 produk yang bisa kamu jual di marketplace seperti shopee.

So, tunggu apa lagi, bergabunglah di BULALA.

Pelajari – Praktekkan – Hasilkan – Minimalisir Kegagalan!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.