Cara Jualan di Whatsapp Agar Dagangan Cepat Laku

jualan di wa
jualan di wa

Selain Facebook dan juga Instagram, anda sebenarnya juga bisa menggunakan aplikasi Whatsapp untuk jualan. Cara jualan di Whatsapp juga sebenarnya tidak begitu berbeda jauh dari cara jualan di Facebook maupun di Instagram.

Oleh sebab itu, jika anda sudah terbiasa menjual barang secara online melalui Facebook ataupun Instagram, maka anda kemungkinan tidak akan kesulitan mempelajari bagaimana cara jualan online di Whatsapp.

Namun demikian, meskipun memang banyak metode yang sama, tetap ada beberapa hal yang membedakan antara jualan di Whatsapp dan media sosial lainnya.

Jika anda ingin mempelajari lebih lengkap mengenai tips jualan di Whatsapp, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Apa Kelebihan Jualan di WA?

Sebelum mempelajari bagaimana cara jualan di Whatsapp, pertama-tama anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai berbagai macam kelebihan menjual barang melalui aplikasi Whatsapp.Sekilas, memang aplikasi Whatsapp itu terlihat kurang begitu cocok untuk anda gunakan sebagai media jualan online. Hanya saja, ternyata justru ada banyak kelebihan jualan online menggunakan aplikasi Whatsapp tersebut.

Bacaan Lainnya

Berikut adalah beberapa kelebihan jualan barang secara online di aplikasi Whatsapp:

Baca juga : WA Autoresponder, Tool Wajib Untuk Pebisnis Online

  • Langsung bisa berkomunikasi dengan calon konsumen

Berbeda dari aplikasi lainnya, Whatsapp memang awalnya dibuat sebagai aplikasi perpesanan. Oleh sebab itu, maka anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan calon konsumen secara private.

Dengan bisa berkomunikasi secara private dengan calon konsumen, maka anda bisa dengan mudah memberikan edukasi mengenai produk yang anda tawarkan.

Anda bisa menunjukkan apa saja keuntungan yang bisa calon konsumen dapatkan jika membeli produk yang anda jual.

Dengan bisa berkomunikasi secara personal, maka kesempatan anda untuk bisa menjual barang jauh lebih besar.

  • Tersedia fitur broadcast untuk menyebarkan promosi

Kelebihan lain jualan menggunakan aplikasi Whatsapp itu adalah anda tidak perlu susah-susah melakukan promosi.

Hal tersebut karena di dalam aplikasi Whatsapp sudah terdapat fitur khusus bernama Broadcast. Dengan adanya fitur tersebut, maka anda bisa mengirimkan promosi ke sebanyak mungkin kontak yang anda miliki.

Selain lebih praktis, promosi melalui fitur Broadcast di Whatsapp ini juga bisa anda lakukan secara gratis.

  • Bisa membuat grup untuk calon konsumen

Jika anda menjual produk-produk yang membutuhkan edukasi lebih banyak pada calon konsumen, maka Whatsapp ini adalah aplikasi yang cocok untuk anda gunakan.

Kenapa? Hal tersebut karena di dalam aplikasi ini sudah terdapat fitur untuk membuat grup. Anda bisa menyatukan orang-orang yang menjadi target market ataupun mereka yang tertarik dengan produk anda di satu grup yang sama.

Dengan begitu, anda bisa memberikan edukasi seputar produk yang anda tawarkan secara efisien.

  • Sudah banyak yang menyediakan API Whatsapp

Kelebihan lain menggunakan WA untuk jualan online adalah karena anda bisa mengotomatiskan beberapa fitur yang ada di dalam Whatsapp.

Anda bisa mulai mengotomatiskan beberapa fitur tersebut dengan menggunakan API Whatsapp. Dan menariknya lagi, saat ini sudah ada cukup banyak layanan API Whatsapp gateway yang cukup murah.

Baca juga : Auto Answer Whatsapp, Fitur Penting Jualan Online

jualan di wa
jualan di wa

Tips Jualan Laris Manis di Aplikasi Whatsapp

Setelah mengetahui apa saja kelebihan jualan di WA, tentunya sudah ada banyak dari anda yang tertarik untuk mempelajari tips jualan di Whatsapp bukan?

Bagi anda yang ingin bisa jualan laris manis hanya dengan menggunakan aplikasi WA, anda bisa gunakan beberapa tips berikut ini:

  1. Dapatkan sebanyak mungkin kontak Whatsapp dari target market anda

Tips pertama agar jualan anda bisa lebih cepat laku ketika anda tawarkan secara online di aplikasi WA adalah perbanyak terlebih dahulu kontak anda.

Menjual barang secara online itu sebenarnya hanyalah hukum probabilitas saja. Jadi makin banyak orang yang melihat produk yang anda tawarkan, maka kesempatan produk tersebut terjual akan makin besar.

Oleh sebab itu, mulai terlebih dahulu dengan memperbanyak kontak Whatsapp anda.

Ada banyak cara untuk memperbanyak kontak Whatsapp. Salah satu caranya adalah berbagi informasi seputar produk yang anda jual di beberapa forum maupun grup media sosial sejenis.

  1. Buat grup untuk mereka yang tertarik mendapatkan informasi lebih banyak dari anda

Sebelum mulai jualan, ada baiknya anda berikan edukasi terlebih dahulu sebanyak mungkin mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk yang anda jual.

Cara yang paling mudah untuk melakukan hal tersebut adalah dengan membuat grup di Whatsapp. Anda bisa memasukkan semua orang yang tertarik untuk mendapatkan informasi yang akan anda bagikan.

  1. Promosi melalui status Whatsapp

Jika sudah mulai banyak orang yang menyimpan kontak Whatsapp anda, maka selanjutnya jangan lakukan promosi secara frontal terlebih dahulu.

Anda bisa mulai melakukan soft selling melalui status Whatsapp anda. Salah satu konten yang bisa anda gunakan untuk soft selling di status Whatsapp adalah konten video yang mengulas manfaat produk yang anda jual.

Bagikan konten-konten bertema seperti itu secara rutin. Selain itu, amati juga konten mana yang mendapatkan perhatian paling banyak dari kontak Whatsapp anda.

Baca juga : Cara Whatsapp Auto Reply Untuk Menjawab Konsumen

  1. Berikan penawaran khusus bagi mereka yang sering melihat status Whatsapp anda

Untuk mempercepat proses penjualan, anda bisa mulai memberikan penawaran khusus bagi mereka yang cukup sering melihat status Whatsapp anda.

Kenapa hanya memberikan penawaran khusus pada mereka yang sering melihat status Whatsapp anda? Hal tersebut karena ada kemungkinan mereka yang sering melihat status Whatsapp anda adalah yang tertarik dengan produk yang anda jual.

  1. Berikan juga promo dalam batas waktu yang singkat

Untuk anda yang ingin jualan lebih cepat laku, anda juga bisa membuat promo khusus dengan batas waktu yang sangat singkat.

Dengan cara ini, anda bisa membuat orang-orang yang tertarik dengan produk anda bisa mengambil keputusan untuk membelinya sekarang juga.

  1. Gunakan tools marketing whatsapp agar lebih cepat

Proses marketing akan membutuhkan waktu yang lebih bila anda melakukan secara manual. Saat ini sudah sangat banyak sekiali alat bantu untuk memaksimalkan dalam promosi di whatsapp. Contohnya seperti aplikasi untuk broadcast, autoreply, notifikasi bahkan hingga plugin-plugin yang dapat menghubungkan web anda dengan whatsapp secara realtime.

Aplikasi marketing whatsapp yang kami rekomendiasikan adalah starsender.

fitur api whatsapp gateway starsender goodbizid

Ini aplikasi untuk membantu anda mengirim broadcast ke seluruh pelanggan dengan cepat dan praktis. Selain itu kamu bisa buat auto reply whatsapp supaya bisa membalas pertanyaan customer tanpa harus kamu online.

Coba saja aplikasi starsender Gratis uji coba. Daftar klik tombol di bawah ini.

trial uji coba gratis
trial uji coba gratis

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Jualan di Whatsapp?

Setelah membahas secara lengkap mengenai berbagai macam tips untuk jualan di Whatsapp, selanjutnya anda juga perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk jualan di Whatsapp.

Perlu anda ketahui, untuk bisa menjual lebih banyak di Whatsapp, anda harus mengetahui kapan waktu untuk melakukan promosi.

Lalu bagaimana cara menentukan waktu yang tepat untuk melakukan promosi? Cara yang paling mudah adalah dengan melihat siapa target market anda.

Jika target market anda mayoritas adalah pekerja kantoran, maka jangan mempromosikan produk anda di jam-jam kantor. Lebih baik unggah status Whatsapp yang berisi promosi di jam-jam istirahat ataupun di malam hari.

Baca juga : WA Autoresponder, Tool Wajib Untuk Pebisnis Online

Jadi jika anda melakukan promosi di waktu yang tepat, maka kemungkinan promosi yang anda lakukan di aplikasi Whatsapp tersebut juga akan jauh lebih efektif.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan sebenarnya cara jualan di Whatsapp itu? Kalau anda sendiri, anda lebih memilih jualan online di Whatsapp ataupun di media sosial lainnya?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.