Cara Membuat API Whatsapp Sendiri Dengan Mudah

buat api whatsapp sendiri
buat api whatsapp sendiri

Untuk menunjang bisnis online, memang anda sangat membutuhkan API Whatsapp. Hal tersebut anda butuhkan untuk mengintegrasikan akun WA dengan berbagai platform. Sayangnya, banyak orang menganggap membuat API Whatsapp sendiri itu tidak mudah.

Padahal, sebenarnya ada banyak sekali cara membuat API Whatsapp sendiri yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah.

Dengan bisa membuat API Whatsapp sendiri, maka anda bisa lebih cepat dalam mengembangkan bisnis online yang saat ini anda rintis.

Penasaran mengenai bagaimana caranya membuat API WA tersebut? Jika anda ingin mengetahui lebih detail mengenai hal tersebut, anda bisa baca penjelasannya di artikel ini.

Baca juga : WA Autoresponder, Tool Wajib Untuk Pebisnis Online

Bacaan Lainnya

Apa Manfaat API WA?

Sebenarnya apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dari API Whatsapp tersebut? Bagi anda yang baru saja memulai terjun di dalam dunia bisnis online, mungkin anda masih kurang begitu paham mengenai apa itu API WA dan manfaatnya.

Yang dimaksud dengan API WA itu adalah sebuah program yang menjadi jembatan antara aplikasi Whatsapp dengan berbagai macam platform lain.

Secara mudahnya, peranan dari API WA itu seperti ketika anda melihat ada tombol chat Whatsapp ke pihak customer service di dalam sebuah website resmi.

Lalu apa sajakah manfaat dari API Whatsapp tersebut, khususnya untuk bisnis online? Berikut ini merupakan beberapa manfaatnya:

  • Memudahkan anda menghubungkan antara akun Whatsapp dengan platform apapun

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dari API WA ini adalah memudahkan anda untuk menghubungkan antara akun WA customer service dengan berbagai macam platform di dalam bisnis online.

Sebagai contohnya, anda bisa dengan mudah menghubungkan akun WA customer service dengan website toko online anda.

  • Bisa membuat auto respon di dalam akun WA

API Whatsapp tidak hanya bisa menghubungkan antara akun WA anda dengan platform seperti website saja.

Selain itu, API Whatsapp juga bisa menjadi jembatan antara akun WA anda dengan berbagai aplikasi canggih lain.

Salah satu contoh aplikasi atau program yang bisa anda hubungkan dengan akun WA menggunakan API Whatsapp adalah program auto respon.

Dengan menggunakan program auto respon tersebut, anda bisa mengatur agar akun WA anda bisa membalas berbagai pertanyaan yang sama dari konsumen.

Baca juga : Layanan Whatsapp Gateway Terbaik Untuk Bisnis Online

Hal ini bisa dengan mudah anda lakukan dengan cara memasukkan keyword beserta dengan jawaban dari keyword tersebut.

Dengan bisa menggunakan program auto respon ini, tentunya anda tidak perlu lagi harus membuang banyak waktu untuk menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.

  • Bisa melakukan follow up melalui WA

Manfaat lain dari API Whatsapp adalah anda juga bisa melakukan follow up secara otomatis. Hal ini bisa anda lakukan dengan menghubungkan antara program database toko online dengan API Whatsapp yang anda miliki.

Jadi itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda mampu membuat API Whatsapp sendiri.

buat api whatsapp sendiri
buat api whatsapp sendiri

Syarat Untuk Membuat API Whatsapp Sendiri

Setelah paham mengenai apa saja manfaatnya bisa membuat API Whatsapp sendiri, sekarang anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai apa saja syarat untuk bisa membuat API WA anda sendiri.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib harus anda persiapkan jika ingin membuat API WA sendiri:

  • Keahlian coding

Syarat pertama yang wajib harus anda persiapkan jika ingin membuat API Whatsapp sendiri adalah keahlian coding.

Untuk bisa membuat API WA, anda minimal harus sudah menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti PHP, Javascript, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut karena API Whatsapp itu dibuat dengan menggunakan bahasa pemgrograman seperti PHP, Javascript, node JS, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Cara Whatsapp Auto Reply Untuk Menjawab Konsumen

  • Siap untuk selalu memperbarui API Whatsapp buatan anda

Selain harus sudah memiliki keahlian coding, anda juga wajib harus siap untuk terus menerus memperbarui API Whatsapp yang sudah berhasil anda buat.

Kenapa anda harus siap terus memperbarui API tersebut? Hal itu karena setiap kali aplikasi Whatsapp mendapatkan pembaruan versi, maka API Whatsapp yang anda buat tidak akan bisa berjalan dengan maksimal lagi.

Oleh sebab itu, setiap kali aplikasi Whatsapp sudah melakukan pembaruan versi, maka itu artinya anda juga harus segera memperbarui API Whatsapp anda juga.

  • Harus sudah memiliki server

Jika anda sudah berhasil membuat API Whatsapp sendiri, maka program tersebut masih belum bisa anda gunakan. Anda baru bisa menggunakan program tersebut jika sudah anda simpan di dalam server.

Jadi selain sudah memiliki keahlian coding, anda juga wajib harus menyiapkan server untuk menyimpan file program API WA buatan anda sendiri.

Dan perlu anda ketahui, tidak mudah untuk mengurus server. Selain sulit, biaya yang harus anda keluarkan untuk menyewa server per bulannya juga tidaklah murah.

  • Harus siap kehilangan banyak uang

Syarat terakhir jika anda memang serius ingin membuat API WA sendiri adalah anda harus siap untuk kehilangan banyak uang.

Kenapa? Hal tersebut karena selama proses pembuatan API WA, kemungkinan anda akan perlu melakukan uji coba berulang kali.

Dan di dalam proses uji coba tersebut, biasanya anda perlu mencoba menggunakan server lebih dari satu untuk menentukan mana server yang kinerjanya paling bagus.

Baca juga : Auto Answer Whatsapp, Fitur Penting Jualan Online

Solusi Bagi Anda yang Tidak Mau Repot Membuat API Whatsapp Sendiri

Tidak semua orang memang siap memenuhi persyaratan untuk membuat API Whatsapp sendiri tersebut.

Bagi anda yang tidak siap memenuhi persyaratan tersebut, solusi yang paling tepat untuk anda adalah menggunakan API Whatsapp siap pakai dari Starsender.

api whatsapp gateway termurah
api whatsapp gateway termurah

trial uji coba gratis

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan API Whatsapp siap pakai dari Starsender:

1 .Pertama-tama, Daftar terlebih dahulu untuk menggunakan Starsender secara gratis dari link ini.

2. Jika sudah berhasil daftar, masuk ke dalam akun anda.

3. Bila sudah berhasil login ke dalam akun anda, cari dan pilih menu Device yang ada di kolom sebelah kiri.

4. Jika sudah menemukan menu Device (1), tekan tombol Tambah Device (2) yang ada di pojok kanan atas layar.

cara membuat api whatsapp di starsender app
cara membuat api whatsapp di starsender app

5. Kemudian buatlah nama device anda. Buat nama bebas.

6. Setelah berhasil menambah device, selanjutnya scan QR (3) menggunakan akun WA dari HP anda.

7. Jika sudah berhasil scan QR dari Starsender, cek terlebih dahulu status API Whatsappnya. Jika statusnya sudah terkoneksi, maka anda sudah bisa menghubungkan akun WA anda dengan platform lain.

Bila anda sudah berhasil membuat API Whatsapp di Starsender, maka selanjutnya anda bisa menggunakan API WA tersebut di aplikasi autoresponder bernama Good Response.

Good Response juga menjadi salah satu aplikasi yang sudah terintegrasi secara penuh dengan API Whatsapp dari Starsender. Dan menariknya lagi, aplikasi Good Response ini bisa anda gunakan secara gratis.

Jika anda tidak ingin repot-repot membuat API Whatsapp sendiri, maka tidak ada salahnya untuk langsung menggunakan API Whatsapp dari Starsender saja. Coba dulu versi gratisnya dengan menekan tombol di bawah ini.

Daftar Starsender Versi Trial Gratis Di Sini

trial uji coba gratis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.