Fitur Free Return Tokopedia, Apa Manfaat Untuk Penjual?

Fitur Free Return Tokopedia, Apa Manfaat Untuk Penjual? – Jumlah konsumen yang lebih memilih belanja produk secara online semakin meningkat di jaman sekarang. Alasan lebih banyak orang memilih membeli produk secara online bukan hanya karena mudah dan murah saja.

Mayoritas orang lebih memilih membeli berbagai macam produk secara online karena mereka bisa mengembalikan produk yang sudah dibeli dengan beberapa alasan seperti produk cacat, produk tidak sesuai dengan yang ada di foto, dan produk yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan konsumen.

Faktor tersebut tampaknya benar-benar dicermati oleh Tokopedia. Sebagai salah satu marketplace dengan popularitas yang cukup besar di Indonesia, Tokopedia menghadirkan satu fitur baru yaitu free return Tokopedia.

Dengan fitur free return Tokopedia, konsumen bisa dengan mudah mengembalikan produk kepada penjual jika memang mereka merasa produk yang dibeli tidak sesuai harapan.

Namun masalahnya, apakah fitur free return Tokopedia tersebut juga sama bermanfaatnya bagi penjual? Apakah anda yang jualan online di Tokopedia juga harus segera mengaktifkan fitur free return Tokopedia tersebut di toko anda?

Baca juga: Cara jualan di tokopedia

Anda bisa pelajari lebih lanjut mengenai bermanfaat atau tidaknya fitur free return Tokopedia bagi penjual di artikel ini.

Fitur Free Return Tokopedia, Apa manfaat Untuk Penjual

Fitur Free Return Tokopedia, Apa manfaat Untuk Penjual

Bagaimana Cara Kerja Fitur Free Return Tokopedia?

Sebelum membahas mengenai bermanfaatkah fitur free return Tokopedia bagi para penjual, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu mengenai cara kerja dari fitur terbaru dari Tokopedia tersebut.

Baca juga : Tips memaksimalkan fitur TOP Ads Tokopedia

Sebagian besar dari anda yang sudah lama jualan online di Tokopedia pasti masih belum begitu paham mengenai bagaimana cara kerja dari fitur free return Tokopedia tersebut.

Bagi anda yang mengaktifkan fitur tersebut di toko online anda, maka setiap konsumen yang membeli produk anda bisa dengan mudah mengembalikan produk yang mereka beli dari anda jika memang merasa kurang cocok dengan produknya.

Lalu siapa yang membayar biaya kirim pembeli yang ingin mengembalikan produk yang sudah dibeli dari anda?

Selama masa promosi, semua biaya kirim pembeli yang ingin mengembalikan produk yang dibeli kepada penjual ditanggung oleh Tokopedia.

Namun setelah masa promosi selesai, biaya kirim tersebut akan ditanggung oleh penjual. Tokopedia secara otomatis akan memotong saldo di akun anda sejumlah ongkos kirim produk yang sudah dibayarkan oleh konsumen sebelumnya.

Jika memang setelah 3 hari konsumen tidak mengajukan keluhan mengenai produk yang anda kirim, secara otomatis dana ongkos kirim yang ditahan oleh Tokopedia akan dikirimkan ke dalam akun anda.

Baca juga : Peluang usaha yang bisa online gak perlu keluar rumah

Namun jika konsumen mengajukan keluhan mengenai produk yang anda kirimkan, contohnya seperti adanya bagian yang cacat, salah warna, salah model, dan produk tidak sesuai dengan yang ada di foto, maka Tokopedia akan mencairkan dana kepada pembeli untuk mengirimkan kembali produk yang sudah dibeli kepada penjual.

Tentunya Tokopedia juga tidak sembarangan mencairkan dana untuk ongkos kirim tersebut. Tokopedia hanya akan mencairkan ongkos kirim kepada pembeli jika memang pembeli menyertakan bukti yang jelas mengenai keluhannya.

Jika memang Tokopedia merasa keluhan dari konsumen tersebut tidak berdasar apapun, maka Tokopedia tetap akan mencairkan dana ongkos kirim kepada penjual dan keluhan dari konsumen dianggap sudah terselesaikan.

Karena saat ini masih masa promosi, jadi anda yang berperan sebagai penjual bisa mencoba terlebih dahulu mengaktifkan fitur free return Tokopedia. Setidaknya anda bisa mencoba secara langsung seperti apakah fitur tersebut.

4 Manfaat yang Bisa Didapatkan Oleh Penjual dari Fitur Free Return Tokopedia

Sekilas memang fitur free return Tokopedia tampak sangat merugikan bagi para penjual. Namun sebenarnya, penjual di Tokopedia justru bisa mendapatkan cukup banyak manfaat dengan menggunakan fitur baru tersebut.

Lalu apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan sebagai penjual dengan menggunakan fitur free return Tokopedia? Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Baca juga Barang yang cepat laku di jual secara online

1.     Meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produk yang anda jual

Memang benar jumlah konsumen yang lebih memilih membeli produk secara online khususnya di Tokopedia itu semakin meningkat. Namun demikian, belum tentu semua konsumen berani membeli produk yang anda jual.

Kenapa? Karena konsumen yang baru mencoba membeli produk secara online pasti merasa was-was dengan kualitas produk yang anda jual. Bisa jadi produk yang anda jual kualitasnya tidak sesuai dengan kondisi di foto bukan?

Selain itu, konsumen yang belum pernah membeli produk di toko online anda juga biasanya lebih memilih membeli produk dari toko online yang sudah menjadi langganannya.

Masalah keraguan tersebut bisa terselesaikan dengan adanya fitur free return Tokopedia. Kesempatan anda sebagai penjual di Tokopedia untuk mendapatkan konsumen baru jelas akan semakin meningkat.

Kenapa? Karena setiap konsumen mendapatkan perlindungan ekstra jika sampai produk yang mereka beli tidak sesuai dengan kondisi di foto. Konsumen tidak perlu adu argumen dengan penjual hanya untuk menentukan siapa yang harus membayar biaya kirim ketika memang produk yang dibeli tidak sesuai harapan.

Baca juga Peluang Usaha di Kampung / desa

2.     Meningkatkan penjualan toko online di Tokopedia

Fitur free return Tokopedia tidak hanya menguntungkan bagi konsumen saja. Setiap penjual yang menggunakan fitur terbaru dari Tokopedia ini juga sekaligus dapat meningkatkan jumlah penjualan.

Kenapa penjualan bisa meningkat ketika anda menggunakan fitur free return Tokopedia? Karena setiap toko di Tokopedia yang menggunakan fitur terbaru tersebut akan mendapatkan badge khusus dan ditampilkan di hasil pencarian halaman paling depan.

Dengan adanya fitur free return Tokopedia, mayoritas konsumen yang membeli produk di Tokopedia pasti lebih memilih membeli dari toko yang sudah menggunakan fitur tersebut.

Oleh sebab itu, jelas anda akan kalah bersaing dengan toko online lain di Tokopedia jika tidak menggunakan fitur tersebut.

3.     Menghemat waktu anda dalam mengatasi keluhan dari pembeli

Apakah anda sebagai penjual akan mengalami kerugian dengan menggunakan fitur free return Tokopedia? Sebenarnya anda sama sekali tidak akan mengalami kerugian, sekalipun produk yang sudah dibeli konsumen bisa dikembalikan kepada penjual.

Baca Juga Keuntungan menggunakan Gold Merchant Tokopedia bagi penjual

Kenapa? Karena dengan menggunakan fitur free return Tokopedia, anda sebagai penjual bisa menghemat banyak waktu, yang biasa digunakan untuk berdebat dengan konsumen dalam menentukan siapa yang membayar ongkos kirim ketika konsumen mengeluhkan masalah produk yang mereka beli.

4.     Mengurangi risiko bertemu “pembeli nakal

Satu lagi manfaat menggunakan fitur free return Tokopedia bagi penjual adalah mengurangi risiko bertemu dengan “pembeli-pembeli nakal”.

Cukup banyak pembeli yang justru berusaha menipu penjual. Pasalnya memang selama ini sistem jual beli di marketplace tampak lebih condong ke pihak pembeli.

Beberapa contoh “pembeli nakal” adalah seperti meminta refund kepada penjual dengan alasan produk yang dibeli tidak sesuai dengan yang ada di foto.

Setelah dana dikembalikan oleh penjual, “pembeli nakal” tersebut tidak kunjung mengirimkan kembali produk yang seharusnya dikirimkan kembali kepada penjual.

Hal tersebut sudah tidak bisa lagi dilakukan oleh “pembeli nakal” jika anda menggunakan fitur free return Tokopedia. Kenapa? Karena proses refund atau pengembalian dana baru disetujui oleh Tokopedia setelah penjual melakukan konfirmasi sudah menerima barang dan juga melakukan pengecekan bahwa produk yang diterima sesuai dengan kondisi ketika dikirimkan kepada pembeli.

Baca juga Cara Memulai bisnis dropship antar marketplace

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dari fitur free return Tokopedia sebagai penjual, apakah anda masih merasa enggan untuk menggunakan fitur terbaru tersebut?

Dapatkan Info Bisnis Terbaru

Langsung di kirim ke Emailmu

Terimakasih telah berlangganan

Ada sesuatu yang salah..

Leave a Reply