Jualan di Bukalapak Dengan Sistem Dropship, Masih Berpotensikah ?

Jualan di Bukalapak Dengan Sistem Dropship, Masih Berpotensikah ? – Selama ini anda pasti sudah sangat sering melihat, mendengar, dan bahkan membaca mengenai jualan online tanpa modal bukan? Konsep jualan online tanpa modal tersebut menggunakan sistem dropship.

Jadi tugas anda hanyalah sebagai makelar saja antara penjual produk dengan konsumen. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang anda berikan kepada konsumen dengan harga dari suplier produk.

Platform yang paling banyak digunakan oleh dropshipper adalah marketplace. Kenapa? Karena marketplace memang merupakan tempat berkumpul konsumen yang sudah siap membeli barang.

Berbicara mengenai marketplace, Bukalapak adalah salah satu marketplace yang juga cukup besar pasarnya. Apakah anda bisa jualan di Bukalapak dengan sistem dropship?

Apakah potensi jualan di Bukalapak dengan sistem dropship sama besarnya atau jauh lebih besar dari marketplace lain? Bagi anda yang penasaran mengenai bisa tidaknya jualan di Bukalapak dengan menggunakan sistem dropship, anda bisa membaca penjelasannya lebih lanjut di artikel ini.

Alasan Jualan di Bukalapak Dengan Sistem Dropship Peluangnya Sangat Kecil

Jualan di Bukalapak Dengan Sistem Dropship

Jualan di Bukalapak Dengan Sistem Dropship

Bukalapak memang bisa dikatakan sebagai salah satu marketplace besar di Indonesia. Buktinya, Bukalapak sudah berhasil bertahan dan terus berkembang selama 8 tahun.

Namun sayangnya, Bukalapak bukanlah marketplace yang cocok untuk anda gunakan jualan dengan sistem dropship. Berikut ini adalah beberapa alasan kuat kenapa peluang jualan di Bukalapak dengan sistem dropship sangat kecil:

– Jualan di Bukalapak itu butuh modal

Mayoritas orang yang ingin jualan dengan sistem dropship pasti ingin merealisasikan konsep jualan tanpa modal.

Inilah alasan pertama kenapa jualan di Bukalapak dengan sistem dropship itu peluangnya sangat kecil. Pasalnya, untuk bisa bersaing dengan penjual lain di Bukalapak, anda harus mengeluarkan dana.

Anda membutuhkan dana untuk mempromosikan produk yang anda jual di Bukalapak. Jika anda tidak mempromosikan produk anda, sebanyak apapun konsumen yang setiap hari datang ke Bukalapak, tidak akan mempengaruhi penjualan anda sama sekali.

Salah satu modal yang anda butuhkan untuk jualan di Bukalapak adalah untuk membeli fitur push. Fitur tersebut adalah satu fitur dasar untuk berjualan di marketplace.

Fitur tersebut berfungsi untuk membuat produk anda ditampilkan dihalaman pertama. Fitur push di Bukalapak ini sama seperti halnya fitur promosi di Shopee maupun Tokopedia.

Namun bedanya, anda bisa menggunakan fitur tersebut secara gratis di Tokopedia maupun Shopee. Untuk bisa menggunakan fitur push di Bukalapak saja, anda minimal harus mengeluarkan dana sekitar Rp 25.000 per bulannya.

Bagi anda yang sudah pernah jualan di marketplace lain, anda pasti sudah paham bukan bahwa fitur push saja pasti masih belum bisa membantu meningkatkan penjualan?

Jadi bisa dikatakan, jualan di Bukalapak itu membutuhkan modal sehingga sangat tidak cocok bagi anda yang terbiasa jualan dengan sistem dropship yang sama sekali tidak membutuhkan modal.

Baca juga Peluang Usaha di Kampung

– Batas Waktu penjual di Bukalapak mengirimkan produk kepada konsumen hanya 2 hari

Selain membutuhkan modal, potensi jualan di Bukalapak dengan sistem dropship menjadi semakin kecil karena batas waktu yang diberikan oleh Bukalapak kepada penjual untuk mengirimkan produk kepada konsumen terbilang sangat singkat.

Sejak bulan April tahun 2016, Bukalapak merubah kebijakan batas waktu pengiriman yang semula 4×24 jam menjadi 2×24 jam saja.

Karena kebijakan baru tersebut, maka kesempatan untuk jualan di Bukalapak dengan menggunakan sistem dropship akan semakin berat.

Kenapa masalah batas waktu yang cukup singkat membuat kesempatan jualan di Bukalapak dengan sistem dropship semakin kecil? Perlu anda ketahui, proses jualan dengan sistem dropship itu lebih panjang dibandingkan jualan online secara langsung.

Baca Juga Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Setelah anda menerima pesanan dari konsumen, anda harus menghubungi terlebih dahulu suplier. Jika suplier yang anda pilih sudah cukup ramai, kemungkinan besar waktunya harus dibagi-bagi untuk mengurus beberapa penjual dropship lain.

Hal ini diperparah dengan diskriminasi penjual dropship dengan omset yang lebih besar yang didahulukan.

Oleh sebab itu, jika anda memang jualan di Bukalapak dengan sistem dropship, toko online anda kemungkinan besar akan dipenuhi dengan feedback penolakan pesanan dari sistem karena anda terlalu lama memproses pesanan dari konsumen. 🙁

Baca Juga Jualan di instagram

Solusi yang Lebih Efektif Dibandingkan Jualan di Bukalapak Dengan Sistem Dropship

Anda sekarang sudah mengetahui bukan kenapa jualan di Bukalapak itu sangat tidak disarankan dengan menggunakan sistem dropship?

Lalu apakah anda sudah tidak bisa mengambil keuntungan dari berbagai macam promosi dan juga sistem yang ketat dari Bukalapak?

Meskipun tidak bisa jualan di Bukalapak dengan sistem dropship, namun bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai macam promosi dan juga sistem yang ketat dari Bukalapak.

Bagi anda yang tidak bisa jualan di Bukalapak karena masih menggunakan sistem dropship, masih ada beberapa cara untuk bisa memanfaatkan kelebihan-kelebihan dari Bukalapak.

Berikut ini adalah beberapa solusi yang cukup menguntungkan bagi anda yang tidak bisa jualan di Bukalapak dengan sistem dropship:

Baca juga List Peluang Usaha Tanpa Keluar Rumah

– Gunakan penjual di Bukalapak sebagai suplier

Ya, memang cukup sulit untuk jualan di Bukalapak dengan menggunakan sistem dropship. Namun bukan berarti anda tidak bisa menikmati kelebihan dari Bukalapak.

Karena sistem Bukalapak yang begitu ketat dan adanya berbagai promo menarik, anda bisa menggunakan Bukalapak sebagai tempat mencari suplier produk untuk dijual secara online di marketplace lain.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan penjual di Bukalapak sebagai suplier toko online di marketplace lain. Beberapa keuntungannya adalah waktu pengiriman produk anda kepada konsumen dijamin lebih cepat, pasalnya semua penjual wajib mengirimkan produk dalam waktu 2×24 jam.

Selain itu, andapun bisa mendapatkan penawaran-penawaran harga produk terbaik dengan menggunakan beberapa promo dari Bukalapak.

– Menjadi agen Bukalapak

Bagi anda yang tidak bisa jualan di Bukalapak dengan sistem dropship karena aturan yang cukup ketat, anda tidak hanya bsia menggunakan Bukalapak sebagai tempat mencari suplier produk untuk dijual di marketplace lain.

Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dengan cara menjadi agen Bukalapak. Dengan menjadi agen Bukalapak, anda sebenarnya sama saja seperti jualan di Bukalapak dengan sistem dropship, namun pemasarannya cenderung secara offline.

Lalu apa keuntungan menjadi agen Bukalapak? Sama halnya seperti jualan di Bukalapak dengan sistem dropship, anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang anda tawarkan kepada konsumen dan harga dari penjual asli.

Namun demikian, agen Bukalapak lebih disarankan untuk tidak menaikkan harga jual produk dari penjual pertama. Pasalnya, agen Bukalapak sudah mendapatkan komisi sebesar 5% dari setiap produk yang berhasil dijual.

Jadi meskipun memang potensi untuk jualan di Bukalapak dengan sistem dropship itu sangat kecil, namun masih ada solusi lain bagi anda yang ingin memanfaatkan potensi Bukalapak sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Dari 2 solusi yang lebih baik dibandingkan dengan jualan di Bukalapak dengan sistem dropship tersebut, manakah yang kemungkinan besar akan anda jalankan?

– Tetap berjualan dropship seperti biasa

Jangan terlalu khawatir. Karena setiap bisnis pasti ada resikonya. Jadi kita harus melawan resiko tersebut maka kita akan bisa mendapatkan hasil yang besar. Tanpa kita melawan nya maka kita tidak akan bisa mengerti apa hasil akhirnya. Betul begitu…?? Seperti member x sun scraper dibawah ini. Tetap berjualan di Bukalapak tanpa banyak mikir. langsung action aja..!. Karena setiap resiko bisa kita pelajari dan kita ukur sehingga nanti bisa tau bagaimana cara mengatasinya. Lihatlah hasilnya sangat fantastis…

jualan di bukalapak dengan x sun - baru 7 hari langsung banjir order

jualan di bukalapak dengan x sun – baru 7 hari langsung banjir order

Di atas adalah real, member x sun scrape yang berhasil menghasilkan omset 11 juta bar 7 hr semenjak upload produk. Wow keren kan? 🙂

Lalu apakah anda tertarik untuk berjualan di bukalapak dan mulai menghasilkan uang di sana? Baiklah jika anda tertarik anda bisa segera bergabung dengan komunitas x sun scrape. Silahkan daftarkan diri anda dimari => http://good.biz.id/instan/live/

Namun jika anda masih pemula dan belum mengerti alur bagaimana cara dropship, saya sarankan anda mebaca artikel yang satu ini : Cara memulai bisnis dropship antar marketplace dari NOL.. Kita sudah ulas dengan panjang dan lebar, semoga bisa di pahami dan bisa dipraktekkan.. Lest do act now! ^_^

 

Dapatkan Info Bisnis Terbaru

Langsung di kirim ke Emailmu

Terimakasih telah berlangganan

Ada sesuatu yang salah..

Leave a Reply