Ide Peluang Usaha di Bulan Puasa Praktis dan Paling Laris

Ingin Buka Usaha di Bulan Puasa? Ini 6 Ide Peluang Jualan Praktis dan Paling Laris Diborong Saat Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi seluruh umat muslim di dunia. Banyak sekali kesempatan yang terbuka dan khusus hanya bisa didapatkan saat berada di bulan puasa. Kesempatan berpuasa, tadarus, sholat tarawih dan sedekah yang semakin dilipatgandakan pahalanya.

Salah satu kesempatan lain yang sering dijadikan momentum saat berada di bulan puasa adalah buka usaha atau jualan. Tidak hanya jualan barang, banyak sekali jasa yang khusus bermunculan dan terbukti laris manis diborong pembeli. Momen Ramadhan sering kali dijadikan orang untuk buka usaha guna mendapatkan penghasilan tambahan sebagai bekal merayakan lebaran nanti.

Bagi Anda yang benar-benar ingin buka usaha di bulan puasa, berikut ini ide praktis jualan paling laris saat bulan Ramadhan. Disini akan dijelaskan cara memanfaatkan peluang usaha bulan Ramadhan yang benar-benar bisa Anda coba lakukan di rumah lengkap dengan langkah-langkahnya. Tertarik, ingin tahu? Simak penjelasannya.

Ide Peluang Usaha di Bulan Puasa Praktis dan Paling Laris Saat Ramadhan

Peluang Usaha di Bulan Puasa Praktis dan Paling Laris Diborong Saat Ramadhan

Peluang Usaha di Bulan Puasa Praktis dan Paling Laris Diborong Saat Ramadhan

– Pemintaan naik berkali-kali lipat, coba jualan perangkat alat sholat

Saat bulan Ramadhan datang, iman seorang muslim akan naik. Ibadah makin sering. Sholat makin khusyu’. Baca Al-Qur’an makin rajin. Seluruh usaha untuk memaksimalkan pahala di setiap detik bulan puasa akan dilakukan. Banyak dari mereka akhirnya memilih memperbarui seluruh perangkat sholat yang biasa digunakan.  Jadi, tak heran jika permintaan akan gamis, jilbab, baju koko, mukena dan perangkat sholat lainnya meningkat drastis saat bulan Ramadhan.

Momentum ini bisa juga Anda jadikan sebagai peluang untuk buka usaha di bulan puasa. Tentu dengan ikut berjualan. Jika Anda serius benar-benar ingin mulai usaha bulan Ramadhan dengan minim modal, dropship aja dulu. Begini langkah-langkahnya.

Baca juga : Jualan di tokopedia

Pertama, Anda bisa mulai dengan menentukan apa yang mau Anda jual. Sebaiknya mulai dari apa yang Anda suka dahulu. Misalnya Anda suka gamis, jualan gamis aja dulu.

Lalu, cari tahu model apa yang sedang laris dan kisaran harganya. Cara paling mudah yakni dengan cek di tokopedia atau bukalapak. Cari gamis yang paling laris dengan harga yang bersaing. Kontak tokonya dan tanyakan bagaimana cara jadi resellernya. Setelah join, tanyakan lagi mana model-model yang lagi laris saat ini. Setelah dapat, baru coba tawarkan ke teman, keluarga, atau orang-orang terdekat Anda baik secara langsung atau dengan promosi melalui whatsapp. Lakukan promosi terus-menerus. Jika produk Anda memang sedang laris, dijamin banyak yang order.

– Ingin usaha kuliner, menu takjil dan sahur paling diburu saat bulan puasa

Jika Anda tidak suka jualan perangkat alat sholat, Anda bisa coba jualan menu sahur dan takjil. Ini adalah salah satu usaha kecil di bulan puasa yang bisa Anda lakukan dengan mudah, murah, nyaman dan tidak perlu terlalu repot.

Peluang Usaha di Bulan Puasa Praktis dan Paling Laris Diborong Saat Ramadhan - 4

Peluang Usaha di Bulan Puasa Praktis dan Paling Laris Diborong Saat Ramadhan

Jika Anda bisa buat sendiri menu takjil yang enak seperti kolak, es buah atau es campur, Anda bisa langsung jualan. Lebih baik lagi jika Anda juga bisa buat sendiri menu lainnya seperti gorengan atau jajanan tradisional. Banyak sekali orang yang memilih ide ini untuk mulai usaha di bulan puasa.

Jika tidak bisa masak, Anda tetap bisa jualan. Caranya, beli saja. Pasti ada salah seorang kenalan Anda yang menjual menu takjil dan menu sahur yang enak. Beli banyak, lalu jual kembali. Yang terpenting Anda mau jualan.

Syarat penting lain agar jualan Anda laris manis diborong pembeli adalah kenali lokasi. Jika rumah Anda berada di kawasan buruh pabrik, banyak kos-kosan, Anda cukup buka stand di depan rumah memakai meja dan kursi. Jika depan rumah Anda sepi, cari tau lokasi yang biasa ramai dan tidak banyak penjual menu yang sama. Jika perlu, Anda bisa sewa di tempat tersebut. Dijamin jualan Anda pasti laris.

– Banyak keluarga yang butuh jasa catering untuk menu sahur dan buka puasa

Anda suka masak? Dan masakan Anda enak? Coba saja buka jasa catering dan tawarkan ke orang-orang terdekat Anda. Ide bisnis di bulan Ramadhan ini bisa jadi langkah lanjutan dari jualan menu takjil dan sahur. Setelah Anda dikenal banyak orang sebagai penjual menu takjil dan sahur yang enak, Anda bisa mulai tawarkan paket menu catering.

Disadari atau tidak, sangat susah mengganti kebiasaan memasak bagi banyak keluarga saat bulan Ramadhan. Terlebih jika lingkungan yang Anda kenal, masih banyak yang lebih memilih untuk makan dilluar. Ini jelas peluang bisnis yang menguntungkan.

Baca juga : Usaha sampingan ibu rumah tangga

Anda bisa tawarkan paket-paket menarik kepada mereka. Jika perlu, Anda bisa tawarkan pelayanan kirim gratis jika masih dalam radius 10 km dari rumah Anda misalnya. Anda juga bisa mendaftarkan jasa catering Anda ke GoFood untuk menjaring pelanggan lebih banyak.

Tapi bagaimana bagi Anda yang suka masak tapi masakannya tidak cukup enak? Atau malah Anda tidak suka masak? Tenang saja. Anda masih bisa buka usaha di bulan puasa ini. Caranya, jalin kerjasama dengan jasa catering kenalan Anda dan beritahu bahwa Anda berniat untuk ikut mempromosikan usahanya dengan sistem bagi hasil. Kebanyakan dari mereka pasti akan menyetujuinya. Tidak percaya? Coba saja.

– Jika sudah banyak yang jual takjil, coba jual bahan-bahan takjilnya saja

Jika disekeliling daerah Anda sudah banyak sekali yang buka usaha di bulan puasa dengan berjualan menu takjil dan sahur, maka Anda bisa coba sediakan bahan-bahannya. Misalnya Anda bisa jual buah-buahan yang biasa dipakai untuk membuat es buah. Atau Anda juga bisa tawarkan minyak goreng, tepung terigu dan sayur-sayuran bagi para penjual gorengan.

Meski menjadi peluang usaha bulan Ramadhan yang menguntungkan, ada satu langkah yang harus Anda lakukan. Itu adalah menemukan supplier termurah buah-buahan dan bahan-bahan tersebut. Caranya, Anda bisa mulai tanya-tanya kepada banyak penjual di pasar terdekat Anda dan cari tahu berapa harganya jika beli secara grosir. Jika perlu Anda bisa tanyakan ke tempat-tempat grosir yang masih didaerah Anda untuk menemukan supplier termurah. Jika Anda sudah mendapatkannya, tinggal tawarkan saja  ke para penjual takjil dan sahur di daerah Anda. Mereka pasti akan membelinya jika kualitas dan harga yang Anda tawarkan lebih baik.

– Jualan menu makanan instan yang jadi solusi buat keluarga yang ingin sahurnya nyaman

Banyak sekali istri yang jadi susah mengatur waktu masaknya saat memasuki bulan Ramadhan. Bayangkan mereka harus bangun lebih awal sekitar 2 jam sebelum imsak untuk  menyiapkan menu masakan untuk keluarga. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, maka tidak masalah. Bagaimana dengan mereka yang tidak biasa dengan hal ini? Bisa-bisa jadi masalah besar. Apalagi jika mereka yang tidak suka masak. Lengkap sudah.

Peluang Usaha di Bulan Puasa Praktis dan Paling Laris Diborong Saat Ramadhan - 6

Peluang Usaha di Bulan Puasa Praktis dan Paling Laris Diborong Saat Ramadhan – 6

Ide terakhir untuk A­nda yang benar-benar ingin buka usaha di bulan puasa adalah jualan menu makanan instan. Menu makanan instan bisa jadi solusi paling tepat bagi mereka. Dengan menu makanan instan, mereka cukup 1-2 langkah kecil untuk mengubahnya menjadi masakan enak yang siap dijadikan makan sahur.

Baca juga : cara membuat toko di instagram

Menu makanan instan yang dimaksud bukan mie instan. Ada banyak menu makanan instan yang enak dan bergizi selain mie instan yang bisa Anda beli. Contohnya bisa abon, rendang, serundeng, gudeg instan dll.

Anda bisa mencarinya dengan mudah di berbagai marketplace seperti tokopedia atau bukalapak. Sistemnya sama, dropship aja dulu kemudian pilih satu produk yang Anda suka. Seperti langkah pertama, Anda cari produk terlaris. Kontak tokonya dan join jadi resellernya. Kemudian tawarkan ke berbagai orang terdekat Anda yang mungkin memiliki masalah diatas. Dijamin dagangan Anda laris manis diborong oleh mereka.

– Jualan Dropship antar Marketplace

Anda ga suka yang ribet-ribet, takut resiko dan juga malas capek-capek bikin produk dan di jual sendiri di pasar ramadhan? Maka Jualan dropship antar marketplace jadi solusinya! yap ini adalah bisnis yang mantab buat anda yang mau lebih praktis dan instan. Jualan dengan sistem dropship ini sebenarnya sudah sangat umum dan udah banyak orang yang menggelutinya. Di bulan ramadhan seperti ini semakin besar peluang untuk berjualan dropship. Karena orang orang semakin banyak yang berbelanja di banding-banding bulan-bulan biasa.

dropship antar marketplace

dropship antar marketplace

Bisnis dropship antar marketplace ini sangat menjanjikan. Terbukti banyak orang – orang yang telah berhasil dan sukses menghasilkan jutaan rupiah bahkan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Jika anda belum tau bisnis dropship ini, sangat di sayangkan sekali. Karena peluang bisnis ini tidak hanya di bulan puasa atau bulan ramadhan saja, tetapi di bulan-bulan biasa juga sangat prospektif. Apa lagi di bulan-bulan puasa seperti ini, dropshipper bisa mengantongi puluhan juta rupiah dari marketplace.

Dropship antar marketplace ini adalah bisnis online yang berjualan dari marketplace satu ke marketplace lain. Misalnya jualan di shopee, untuk mengambil barang nya dari tokopedia. atau jualan di bukalapak suppliernya berada di tokopedia. Jadi seperti itu. Kita hanya sebagai sales/marketer saja. Sedangkan untuk barang nya di kirim langsung oleh penjual/supplier ke alamat customer yang beli ditoko kita..

Berikut contoh orderan dari marketplace shopee, untuk suppliernya di ambil dari tokopedia

jualan di bulan ramadhan - banjir order

jualan di bulan ramadhan – banjir order

Lumayan dapat 2 orderan. Btw berapa sih harga beli nya di tokopedia? Marikita lihat . . .

usaha di bulan puasa - harga produk supplier

usaha di bulan puasa – harga produk supplier

Wow wow.. Ternyata cuman 130 rb di tokopedia. jadi kira kira untung nya berapa? 175-130rb = 35 rb. Nah itu baru satu, sedangkan di atas ada 2 orderan, jadi totalnya dapat 70rb.. Alhamdulillah lumayan kan? :). Untuk ongkos kirimnya itu di tanggung oleh pihak shopee, jadi itu sudah termasuk utung bersih.. Semakin banyak orderan semakin besar penghasilan yang di dapat.. Itulah dia rahasia gimana dropshipper bisa menghasilkan jutaan rupiah dari marketplace 😀

Jualan di marketplace itu enaknya kita ga perlu lagi mikir gimana cari konsumen/customer, karena di marketplace sudah ada, tinggal kita aja upload produk lalu langsung jualan deh. ya cuma begitu saja. Gak ribet, praktis dan instan. Di bandingkan kalau jualan di pasar ramadhan pastinya lebih melelahkan. Jadinya bisnis dropship ini jawaban usaha di bulan puasa yang paling praktis dan instan untuk anda

Ohya, apakah anda tertarik ingin juga bisnis online dropship antar marketplace? Nah jika anda tertarik anda bisa mempelajarinya steb by steb dari Nol hingga mahir cara memulai bisnis dropship antar marketplace disini. Silahkan baca semua yah 😉

Itulah dia ide usaha di bulan puasa yang bisa Anda lakukan saat ini juga. Ke enam ide ini bisa jadi tidak akan menghasilkan apa-apa bagi Anda. Tidak akan menjadi uang atau penghasilan bagi Anda jika Anda hanya membaca dan memikirkannya saja. Take action sekarang juga. Sekecil apapun tindakan Anda, itu lebih baik dari sejuta rencana yang telah Anda buat. Bukankah begitu?

Dapatkan Info Bisnis Terbaru

Langsung di kirim ke Emailmu

Terimakasih telah berlangganan

Ada sesuatu yang salah..

Leave a Reply