Suka duka berjualan di tokopedia, bukalapak dan shopee

Suka duka berjualan di tokopedia, bukalapak dan shopee – Tokopedia, shopee dan bukalapak merupakan mall online dimana bertemunya para pedagang atau penjual dan pembeli. Tokopedia, bukalapak, elevenia, mataharimall, shopee dan lazada merupakan yang paling populer, hampir semua pembeli dan penjual online pasti sudah menggunakan platform marketplace ini. Dengan website dan aplikasi yang sangat user friendly dan gampang di gunakan menjadikan mall online ini sangat disenangi banyak penjual dan pembeli. Mall online sering juga disebut dengan “marketplace”.

berjualan di tokopedia, bukalapak dan shopee

suka duka berjualan di tokopedia, bukalapak dan shopee

Mengapa harus berjualan di bukalapak, shopee atau tokopedia?
Bukankah saingannya disana sangat banyak? Apalagi margin keuntungan yang bisa didapat sudah sangat sedikit. Ya mungkin itu adalah keluhan – keluhan yang paling sering anda dengar dari teman-temen anda ataupun dari penjual yang berjualan dimarketplace yang anda kenal.

Berikut ini adalah tujuh suka duka berjualan di mall online atau marketplace:

1. Ketatnya persaingan.

Apabila harga beli barang anda ataupun harga produksi barang anda tidak lebih murah atau tidak efisien, Maka akan cukup sulit untuk bisa bersaing dengan penjual lainnya.

2. Pembeli tidak loyal terhadap brand toko anda.

Mengapa bisa begitu? Karena sistem pencarian barang yang sangat canggih dan mudah. Sehingga pembeli bisa dengan mudah membandingkan harga dari barang yang sama. Seperti yang kita tahu bahwa Harga sangatlah sensitif. Seperti halnya anda, apakah mau membeli barang yang sama dengan harga yang lebih mahal?

3. Terdapat aturan berjualan

Tentu saja ini yang harus diikuti dan ditaati oleh para pedagang di masing-masing marketplace. Tidak sebebas jika jualan di website sendiri. Yah namanya juga numpang tha .. ya kan ? hehhe

 

TUNGGU DULU. JANGAN LANGSUNG PESIMIS

 

Dibalik kekurangan seperti di atas, ada lebih banyak suka dan keuntungan berjualan di marketplace, Berikut :

4. Trafik yang sangat tinggi.

Tidak usah diragukan lagi jumlah pengunjung di lazara, tokopedia, bukalapak dan shopee terus meningkat apalagi program promo diskon besar besaran dan cashback sering kali diadakan. Berjuta juta pengunjung siap untuk membeli produk yang Anda jual.

5. Simple, efektif dan efisien.

Bayangkan saja mudahnya berjualan di marketplace, begitu anda bangun pagi telah ada notify penjualan yang masuk ke toko anda, dan anda hanya tinggal mengirimkan barang yang dipesan dan menginput resi pengiriman. Coba bandingkan bila anda berjualan di media sosial atau website sendiri, untuk closing satu transaksi saja anda harus berdiskusi panjang lebar dahulu dengan calon pembeli, baik tentang amannya bertransaksi dengan toko online anda, tentang produk ataupun pengiriman, itupun kalo jadi membeli jika tidak jadi membeli waktu anda akan terbuang sia sia. Right?

6. Untung sedikit tapi penjualan banyak.

Kira-kira mana yang anda pilih? Berjualan di media sosial dengan keuntungan katakan saja sekitar 50.000 dengan sales 5 transaksi seharian atau berjualan di marketplace dengan laba 20.000 namun terdapat 30 transaksi dalam seharinya. Berapa yang bisa anda dapatkan?

* 50.000 x 5 = 250.000 sehari (jualan di media sosial + website sendiri)
[Belum di hitung biaya hosting, domain dan promosi]

* 20.000 x 30 = 600.000 sehari (jualan di marketplace)
[Gratis tidak ada biaya-biaya]

LOH? Tapi apa dijamin transaksi bisa banyak jika berjualan di marketplace seperti lazara, tokopedia, bukalapak dan shopee? Kenapa tidak? trafik yang tinggi itu menandakan semakin banyak orang yang melihat barang produk dagangan anda. Jika pengunjung tokopedia sehari 200 ribu orang, dengan pengunjung sosial media anda ataupun website hanya 300 orang per hari, Mana kemungkinan yang bisa meghasilkan sales penjualan lebih banyak?

7. Menunjang semua jenis metode pembayaran dan pengiriman

Calon customer atau pembeli barang anda sangat dimudahkan dengan bekerja samanya marketplace dengan hampir semua bank. Bahkan calon pembeli yang tidak mempunyai rekening bank pun bisa membayar via indomaret, alfamart dan gerai gerai yang lainnya. Sekarang sudah sangat banyak sekali. Semua jenis pengiriman pun ada mulai dari kargo lintas kota seperti tiki dan jne ataupun pengiriman yang instan dalam kota seperti gojek dan grab. Anda tingal menikmati saja semua dengan mudah

Itulah beberapa suka duka berjualan di tokopedia, bukalapak dan shopee. Jika anda adalah importir atau produsen atau master dealer yang masih bingung cara efektif berjualan dimarketplace ataupun yang sudah berjualan tapi hasilnya masih sangat minim. Anda bisa bergabung bersama sedot x. Dimana disini anda bisa berjualan dengan sistem dropship antar marketplace yang sangat menguntungkan sekali. Anda tidak perlu lagi mikir bagaimana cari konsumen karena membutuhkan banyak teknik yang rumit.  Tetapi dengan berjualan di marketplace, anda tinggal berjualan, tunggu customer belanja di toko kita dan hasilkan keuntungan yang banyak. Anda bisa jalankan bisnis dropship antar marketplace ini sambil tidur-tidur dirumah tak perlu lagi kerja keras diluar sana. Sedot siap membantu meraih kesuksesan bisnis Anda dengan lebih cepat.. Silahkan daftarkan diri anda disini =>

Sekian dulu artikel ini.. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya ^_^

Leave a Reply