Cara Membuat Foto Produk yang Menarik dan Menjual di Instagram

Tips Cara Membuat Foto Produk yang Menarik dan Menjual di Instagram – Anda sudah mulai jualan di Instagram? Sudah berapa banyak produk yang berhasil anda jual? Apakah sampai saat ini belum ada satupun produk yang berhasil anda jual?

Jangan putus asa terlebih dahulu jika memang belum ada produk yang berhasil anda jual melalui Instagram.com. Jualan di Instagram memang bukan cara kaya dalam waktu satu hari.

Bagi anda yang masih gagal menjual produk melalui Instagram, mungkin anda perlu cek kembali bagaimana kualitas dari foto produk yang anda unggah di akun Instagram.

Mayoritas orang yang gagal jualan di Instagram biasanya disebabkan karena foto produk yang digunakan kurang berkualitas. Misalkan sudah berkualitaspun, cukup banyak yang masih menggunakan foto produk dari suplier, terutama bagi anda yang jualan dengan sistem dropship.

Lalu bagaimana caranya membuat foto produk yang bisa menarik minat pembeli? Anda bisa mempelajari lebih lanjut metode membuat foto produk yang tidak hanya menarik, namun juga menjual di Instagram selengkapnya di artikel ini.

Tips Cara Membuat Foto Produk yang Menarik dan Menjual di Instagram

Tips Cara Membuat Foto Produk yang Menarik dan Menjual di Instagram

Faktor-Faktor yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Membuat Foto Produk yang Menarik

Untuk membuat foto produk yang menarik dan berkualitas, anda harus memperhatikan cukup banyak faktor. Berikut ini merupakan beberapa macam faktor yang akan sangat mempengaruhi kualitas dari foto produk anda:

– Pencahayaan

Anda tidak akan bisa membuat satu foto produk yang benar-benar berkualitas jika tidak memperhatikan faktor pencahayaan.

Di dalam dunia fotografi, pencahayaan merupakan salah satu faktor yang paling penitng dan paling diperhatikan.

Ada banyak sekali cara memberikan pencahayaan pada produk yang akan anda foto. Anda bisa menggunakan lampu studio dan bahkan membuat studio mini untuk memaksimalkan pencahayaan pada produk anda.

Namun bagi anda yang masih tergolong pemula, anda disarankan untuk menggunakan pencahayaan alami dari sinar matahari.

Sinar matahari merupakan pencahayaan yang paling baik jika dibandingkan dengan berbagai alat pencahayaan lain.

Baca Juga Peluang Usaha Dengan Modal Kecil yang mudah dan menjanjikan

– Rule of the third

Penempatan posisi produk pada bidang foto juga sangat berpengaruh pada kualitas foto produk. Posisi penempatan obyek yang difoto tersebut biasa disebut dengan rule of the third di dunia fotografi.

Yang dimaksud dengan rule of the third ini adalah teknik memposisikan obyek yang difoto di pertemuan tiga garis. Bayangkan satu bidang foto dibagi menjadi 9 kotak sama rata.

Obyek yang difoto biasanya ditempatkan pada pertemuan dari 3 garis pada bidang foto yang dibagi menjadi 9 kotak tersebut.

Menurut kebanyakan fotografer, menggunakan rule of the third ini dapat meningkatkan tampilan sebuah obyek foto.

Beberapa tahun ini, semakin banyak penjual online yang mulai menggunakan rule of the third ini ketika mengambil foto produk yang akan dijual secara online.

– Angle

Selain rule of the third dan juga pencahayaan, anda juga wajib memperhatikan angle pengambilan foto produk. Penggunaan angle yang berbeda juga dapat meningkatkan tampilan produk yang anda foto.

Salah satu penjual online yang seringkali menggunakan angle berbeda dalam mengabadikan foto produk yang dijual adalah koleksikikie.

Dengan menggunakan angle yang berbeda-beda, koleksikikie berhasil membuat tampilan perhiasan handmade buatannya semakin menarik dan juga menjual. Jika anda tertarik, anda juga bisa melihat langsung bagaimana foto produk dari koleksikikie tersebut di akun Instagramnya.

Baca Juga Usaha Sampingan di rumah yang menguntungkan

– Background

Faktor lain yang juga sangat mempengaruhi kualitas dari foto produk adalah background. Kebanyakan orang yang menjual produk secara online masih belum paham mengenai pentingnya pemilihan background dalam foto produk.

Produk yang cukup menarik bisa berubah menjadi sama sekali tidak menarik bagi konsumen hanya karena background yang digunakan kurang tepat.

Bagi anda yang ingin membuat foto produk yang menarik dan meningkatkan nilai jual, ada baiknya anda pilih background berwarna cerah. Background berwarna putih adalah yang paling banyak digunakan untuk menciptakan kesan mewah dan elegan pada produk.

– Properti tambahan

Jika anda ingin semakin mempercantik tampilan foto produk, anda juga bisa menggunakan beberapa properti tambahan.

Beberapa macam properti tambahan yang terbukti dapat meningkatkan kualitas sebuah foto produk adalah tanaman. Anda bisa memasukkan tanaman yang sesuai dengan ukuran produk kedalam frame.

Namun demikian, jangan terlalu banyak memasukkan tanaman kedalam frame. Pasalnya, hal tersebut akan membuat konsumen tidak lagi fokus pada produk yang anda jual.

Metode Membuat Foto Produk yang Original Bagi Anda yang Jualan Online Dengan Sistem Dropship

Ok, anda memang bisa dengan mudah membuat foto produk yang berkualitas jika memiliki produknya secara langsung. Lalu bagaimana caranya membuat foto produk yang berkualitas jika anda adalah penjual online yang menggunakan sistem dropship?

Sebagian besar penjual online yang menggunakan sistem dropship memang biasanya tidak bisa berbuat banyak untuk urusan foto produk.

Umumnya memang suplier sudah menyiapkan foto produk untuk dipasarkan oleh dropshipper. Mayoritas foto yang diberikan oleh suplier memang sudah bisa dikatakan sangat berkualitas.

Hanya saja, foto produk dari suplier tersebut sama sekali tidak original. Semua orang yang mengambil barang di suplier tersebut akan mendapatkan foto yang sama.

Baca Juga Cara Membuat Toko Online di Instagram

Jika sampai anda menggunakan foto yang diberikan oleh suplier, jelas konsumen akan lebih mudah mengetahui bahwa anda bukanlah penjual tangan pertama.

Mayoritas konsumen jaman sekarang memang sudah sangat jeli dalam membedakan mana penjual tangan pertama dan mana penjual dropship. Mereka jelas lebih memilih membeli produk di penjual tangan pertama dibandingkan dengan penjual dropship.

Oleh sebab itu, anda yang jualan online di Instagram dengan menggunakan metode dropship sebaiknya juga perlu melakukan sedikit modifikasi pada foto produk.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda modifikasi dari foto produk yang diberikan oleh suplier:

Background

Hal pertama yang bisa dengan mudah dimodifikasi dari foto produk yang diberikan oleh suplier dengan menggunakan software seperti Photoshop adalah background. Mayoritas suplier biasanya menggunakan background warna putih.

Anda bisa merubah warna background tersebut dengan menggunakan warna lain. Anda bahkan bisa mengkombinasikan beberapa warna untuk dijadikan background dan memberikan efek inner light pada produk.

Memberikan watermark

Selain melakukan modifikasi pada warna background, anda juga bisa membedakan foto produk dengan sesama penjual sistem dropship lain dengan cara memberikan watermark pada foto.

Memberikan watermark nama toko online anda di foto produk sampai saat ini masih cukup efektif untuk menciptakan foto yang original. Selain bisa membedakan foto produk anda dari dropshipper lainnya, penggunaan watermark ini juga sekaligus dapat membantu meningkatkan popularitas dari toko online anda.

Baca juga Bisnis Sampingan Karyawan yang paling mudah

Sebenarnya anda yang berniat menjual produk secara online di Instagram dengan sistem stok terlebih dahulu ataupun dropship tetap perlu memperhatikan kualitas foto produk.

Kenapa? Karena tampilan dari foto produk tersebutlah yang membuat konsumen tertarik untuk membeli. Bagaimana? Kira-kira kapan anda akan mulai merubah tampilan foto produk yang sudah anda unggah di Instagram?

Dapatkan Info Bisnis Terbaru

Langsung di kirim ke Emailmu

Terimakasih telah berlangganan

Ada sesuatu yang salah..

Leave a Reply