Cara Melakukan Promosi di Instagram Bagi Pemula

Cara Melakukan Promosi di Instagram Bagi Pemula – Ya, memang Instagram sangat bisa digunakan untuk tempat jualan online. Sudah banyak orang yang menjual berbagai macam produk dengan menggunakan Instagram.

Namun apakah menjual produk di Instagram itu hanya cukup mengunggah foto-foto produk dan menuliskan harga beserta deskripsi produk saja? Ternyata, selain melakukan hal-hal tersebut, anda juga perlu melakukan promosi di Instagram.

Kebanyakan orang berpikir bahwa untuk menjual produk di Instagram hanya perlu mengunggah foto dan mengisi caption dengan beberapa informasi seputar produk yang dijual.

Jika anda hanya melakukan hal tersebut saja, dapat dipastikan produk yang anda jual tidak akan pernah terjual. Jika anda ingin produk yang anda jual di Instagram lebih cepat laku, anda perlu melakukan promosi di Instagram.

Namun perlu anda ketahui juga, melakukan promosi di Instagram juga tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika dilakukan dengan cara yang salah, kegiatan promosi di Instagram justru dapat memperburuk citra toko online anda.

Lalu bagaimana cara melakukan promosi di Instagram yang benar dan juga efektif? Anda bisa baca penjelasannya lebih lanjut di artikel ini.

Cara Melakukan Promosi di Instagram Bagi Pemula

Cara Melakukan Promosi di Instagram Bagi Pemula

Kunci Sukses Melakukan Promosi di Instagram yang Harus Anda Ketahui

Bagi anda yang ingin belajar mengenai bagaimana cara melakukan promosi di Instagram, berikut ini adalah beberapa kiat sukses melakukan promosi produk dengan menggunakan Instagram :

– Pastikan melakukan promosi dengan menggunakan akun Instagram bisnis

Kenapa anda harus melakukan promosi di Instagram dengan menggunakan akun bisnis? Karena akun Instagram bisnis memiliki lebih banyak fitur dibandingan akun personal.

Beberapa fitur khusus yang akan sangat membantu kegiatan promosi di Instagram dengan menggunakan akun bisnis adalah seperti fitur insight.

Fitur insight akan sangat memudahkan anda untuk mengetahui mana saja foto produk yang paling banyak mendapatkan like, komentar, engagement, dan bahkan disimpan oleh akun Instagram lain.

Baca Juga: Cara membuat foto produk yang menarik dan menjual

Selain fitur insight, akun Instagram bisnis juga bisa menyematkan informasi penting seperti kontak dan juga alamat. Fitur kontak dan juga alamat tersebut membuat calon konsumen menjadi lebih mudah menghubungi atau mungkin datang langsung ke toko anda.

Jadi sebelum anda memulai melakukan promosi di Instagram, pastikan rubah terlebih dahulu akun Instagram anda menjadi akun bisnis. Anda sama sekali tidak ditarik biaya apapun untuk menggunakan akun Instagram bisnis.

– Memaksimalkan informasi di kolom biodata

Sebelum melakukan promosi toko online Instagram, anda juga sebaiknya memaksimalkan terlebih dahulu informasi yang tertulis di kolom biodata.

Kenapa anda harus memaksimalkan informasi di kolom biodata? Karena informasi di kolom biodata akun Instagram anda adalah hal pertama yang pasti dilihat oleh calon konsumen.

Lalu informasi apa saja yang perlu anda tuliskan di kolom biodata tersebut? Ada beberapa informasi penting yang wajib anda sertakan di kolom biodata tersebut.

Beberapa informasi penting yang harus anda tuliskan di kolom biodata tersebut adalah seperti rekening bank untuk pembayaran dan juga diskon atau promo tertentu.

Cukup banyak orang menunggu jumlah follower akun Instagramnya cukup banyak baru mereka mulai memaksimalkan informasi di kolom biodata tersebut.

Padahal, dengan memaksimalkan informasi yang tertulis di kolom biodata, anda justru akan lebih cepat mendapatkan banyak follower. Kenapa? Karena mengisi informasi yang lengkap di kolom biodata menambah kredibilitas toko online anda di Instagram.

Baca Juga : Cara Membuat Toko online di instagram

– Menggunakan logo toko online sebagai profile picture di akun Instagram

Satu hal lagi yang wajib anda lakukan sebelum mulai promosi di Instagram adalah memasang logo toko online anda sebagai profile picture.

Kenapa anda harus memasang logo toko online milik anda sendiri sejak awal? Karena logo tersebut akan anda gunakan dalam proses promsi nanti.

Dengan memasang logo toko online sebagai profile picture, maka anda sekaligus dapat meningkatkan branding saat melakukan promosi di Instagram nanti.

Untuk memaksimalkan branding, sebaiknya buatlah logo toko online yang benar-benar unik dan juga menggambarkan produk yang anda jual di akun Instagram.

3 Metode Promosi di Instagram yang Cukup Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Jika anda sudah melakukan hal-hal penting yang dibahas sebelumnya, maka anda bisa mulai melakukan promosi di Instagram.

Berikut ini adalah beberapa metode promosi di Instagram yang sudah terbukti sangat efektif meningkatkan penjualan produk:

1. Promosi dengan menggunakan hastag

Cukup banyak orang yang meremehkan fitur hastag pada Instagram. Padahal, fitur hastag tersebut sangat bermanfaat, terutama untuk tujuan promosi di Instagram.

Dengan menggunakan hastag yang tepat, anda bisa menjangkau lebih banyak pengguna Instagram. Anda bahkan bisa menjangkau pengguna Instagram yang belum follow akun Instagram anda dengan menggunakan hastag.

Namun demikian, ada banyak orang yang menggunakan fitur hastag secara berlebihan. Untuk masalah penggunaan hastag khususnya ketika digunakan promosi di akun Instagram, sebaiknya fitur tersebut digunakan sewajarnya saja.

Baca Juga Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Yang dimaksud menggunakan fitur hastag sewajarnya adalah menuliskan hastag yang sesuai dengan produk yang anda jual.

Misalkan anda menjual pakaian bayi, sebaiknya jangan menggunakan hastag yang tidak wajar seperti #like4like #likeforlike #follow4follow dan sebagainya.

Anda memang bisa mendapatkan banyak like dan juga follower dengan menggunakan hastag tersebut. Namun hastag tersebut sama sekali tidak memberikan dampak positif apapun untuk kegiatan promosi di Instagram.

2. Promosi di akun Instagram lain (Paid Promote)

Metode promosi di Instagram selanjutnya adalah paid promote. Metode promosi kedua ini memang membutuhkan dana. Namun besarnya dana yang anda butuhkan tidaklah terlalu banyak.

Yang dimaksud dengan paid promote adalah promosi yang dilakukan dengan cara membayar akun Instagram lain yang memiliki lebih banyak follower.

Cukup banyak toko online yang menggunakan metode paid promote ini untuk mempromosikan akun Instagramnya. Dengan menggunakan metode promosi di Instagram kedua ini, anda tidak hanya bisa memperkenalkan produk-produk yang anda jual kepada lebih banyak orang saja.

Baca Juga Usaha Sampingan untuk Ibu rumah Tangga yang Mudah

Dengan menggunakan metode promosi di Instagram kedua ini, anda sekaligus bisa mendapatkan follower tambahan dari follower akun instagram dimana anda melakukan promosi berbayar.

3. Promosi dengan mengadakan give away

Metode promosi di Instagram yang ketiga ini bisa dikatakan yang paling ampuh dibandingkan 2 metode lainnya.

Anda tetap membutuhkan sedikit modal untuk menjalankan metode promosi di Instagram ketiga ini. Namun efeknya jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan paid promote.

Dengan mengadakan give away atau memberikan beberapa produk yang anda jual secara gratis, anda tidak hanya bisa menambah jumlah follower saja.

Metode promosi ketiga ini juga sekaligus dapat meningkatkan kredibilitas toko online anda dimata calon konsumen beserta follower.

Metode ini juga sudah sangat sering digunakan oleh banyak orang yang menjual produk secara online di Instagram. Mayoritas yang mencoba menerapkan metode promosi di Instagram ini merasakan hasil yang sangat efektif.

Baca Juga Usaha Online yang Menguntungkan

Setelah membaca materi mengenai kiat melakukan promosi di Instagram ini, tentunya anda sudah tidak bingung lagi bukan mengenai bagaimana caranya meningkatkan penjualan produk anda?

Anda tidak hanya bisa menggunakan salah satu dari 3 metode promosi di Instagram yang sudah dijabarkan di artikel ini. Jika anda mau, anda bisa menggunakan ketiga metode tersebut untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal lagi.

Dapatkan Info Bisnis Terbaru

Langsung di kirim ke Emailmu

Terimakasih telah berlangganan

Ada sesuatu yang salah..

Leave a Reply