Tips Memaksimalkan Fitur Top Ads Tokopedia Untuk Tingkatkan Omset Penjualan

Tips Memaksimalkan Fitur Top Ads Tokopedia – Jualan di marketplace seperti Tokopedia memang sangat menggiurkan. Oleh sebab itu, jumlah penjual di Tokopedia setiap harinya terus bertambah. Dengan bertambahnya jumlah penjual, dan mayoritas merupakan penjual dengan sistem dropship, jelas persaingan menjadi semakin ketat.

Jika anda tidak melakukan promosi tambahan, kemungkinan besar produk yang anda jual di Tokopedia tidak akan pernah laku.

Lalu bagaimana cara melakukan promosi yang tepat untuk mengatasi persaingan yang semakin berat di Tokopedia? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan top ads Tokopedia.

Sudah taukah anda mengenai apa itu top ads Tokopedia? Jika anda belum mengetahui sama sekali mengenai fitur tersebut, anda sebaiknya membaca artikel ini sampai tuntas.

Kenapa? Karena di artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai apa dan bagaimana cara menggunakan top ads Tokopedia secara efektif untuk meningkatkan omset penjualan anda.

Baca juga Cara Jualan di Tokopedia

Fitur Apakah Top Ads Tokopedia Itu?

Tips Memaksimalkan Fitur Top Ads Tokopedia Untuk Tingkatkan Omset Penjualan

Tips Memaksimalkan Fitur Top Ads Tokopedia Untuk Tingkatkan Omset Penjualan

Memang ada banyak sekali penjual di Tokopedia, namun masih belum banyak penjual yang benar-benar mengetahui dan bisa menggunakan berbagai fitur promosi di Tokopedia secara maksimal.

Karena belum paham sama sekali mengenai fitur-fitur promosi yang disediakan oleh Tokopedia, alhasil banyak penjual yang kesulitan mendapatkan pembeli.

Bagi anda yang sekarang juga masih kesulitan mendapatkan pembeli di Tokopedia, mungkin sebaiknya anda mencoba fitur top ads Tokopedia.

Fitur top ads Tokopedia memang adalah fitur berbayar. Namun dari sekian fitur berbayar, fitur tersebut adalah fitur promosi berbayar termurah di Tokopedia.

Lalu apa fungsi dari fitur top ads Tokopedia tersebut? Fungsi dari fitur tersebut sama halnya seperti Google adsense maupun Facebook ads.

Jadi dengan menggunakan fitur top ads Tokopedia, produk yang anda iklankan secara otomatis akan ditampilkan di depan konsumen yang mencari kategori produk yang anda jual.

Lalu apa manfaatnya menggunakan fitur top ads Tokopedia? Sekilas memang fitur berbayar tersebut tampak tidak begitu penting karena memang setiap jam anda diberikan kesempatan gratis untuk mengiklankan 1 produk anda.

Namun jika anda menggunakan fitur top ads Tokopedia, promosi produk anda bisa berjalan secara otomatis. Selain itu, promosi produk anda jauh lebih efektif karena kemungkinan untuk dilihat lebih banyak konsumen lebih tinggi.

Baca Juga Cara Memulai Bisnis Online Shop

Lalu apakah menggunakan top ads Tokopedia benar-benar sangat menguntungkan bagi penjual? Bagi anda yang benar-benar serius ingin menekuni bisnis jualan online di marketplace seperti Tokopedia, menggunakan fitur top ads jelas sangat menguntungkan.

Kenapa? Karena dengan biaya yang cukup terjangkau, anda sudah bisa mempromosikan produk yang anda jual kepada lebih banyak konsumen. Selain itu, produk yang anda jual dipromosikan kepada konsumen yang benar-benar tertarget.

Bahkan anda sendiri bahkan diberikan kebebasan untuk menentukan siapa target konsumen yang anda incar.

Jadi jika digunakan dengan tepat, fitur top ads Tokopedia jelas dapat meningkatkan penjualan anda, terutama bagi anda yang baru mulai jualan di Tokopedia.

4 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan Untuk Memaksimalkan Penggunaan Fitur Top Ads Tokopedia

Oke, fitur top ads Tokopedia memang cukup menggiurkan untuk meningkatkan penjualan, terutama bagi anda yang baru saja mulai membuka toko di Tokopedia.

Lalu bagaimana caranya menggunakan fitur top ads Tokopedia tersebut supaya hasil yang anda dapatkan sesuai dengan setiap Rupiah yang anda keluarkan?

Berikut ini adalah beberapa  faktor yang wajib anda perhatikan untuk memaksimalkan penggunaan dari fitur top ads Tokopedia:

Baca Juga Barang yang cepat laku di jual Online

1.     Keyword produk yang anda jual

Sama halnya seperti Google Adsense dan juga Facebook Ads, dalam menggunakan fitur top ads Tokopedia, anda juga wajib memperhatikan keyword produk yang anda jual.

Apa yang dimaksud dengan keyword? Keyword adalah penamaan dari produk yang anda jual. Penggunaan keyword ini akan mempengaruhi banyak hal dalam top ads Tokopedia.

Beberapa hal yang dipengaruhi oleh keyword ketika menggunakan fitur top ads Tokopedia adalah biaya per klik iklan anda dan juga kemungkinan iklan anda ditampilkan oleh Tokopedia.

Jika anda menggunakan keyword dengan kompetisi yang cukup tinggi sebagai nama produk, maka kemungkinan besar anda harus membayar cukup mahal untuk bisa memaksimalkan penggunaan fitur top ads Tokopedia.

Contoh keyword yang cukup tinggi kompetisinya adalah “kaos cotton combed 30s”. Jika anda perhatikan, sudah ada cukup banyak penjual di Tokopedia yang menggunakan keyword tersebut sebagai nama produknya.

Jika anda ingin memaksimalkan penggunaan fitur top ads Tokopedia, lebih baik gunakan keyword seperti “T-shirt combed 30s”. Meskipun memang jumlah calon konsumen yang mencari dengan keyword “T-shirt combed 30s” lebih sedikit, namun persaingannya tidak terlalu berat.

Baca Juga Peluang Usaha di Kampung / Desa

2.     Biaya iklan per klik

Setelah keyword, anda juga perlu memperhatikan faktor berapa besar biaya iklan per klik dalam menggunakan top ads Tokopedia.

Setiap penjual bisa memasukkan biaya iklan per klik mulai dari Rp 50 sampai Rp 2.000. Lalu apa bedanya biaya iklan per klik Rp 50 dengan yang Rp 2.000?

Semakin tinggi biaya iklan per klik yang anda setujui, maka akan semakin sering produk anda diiklankan oleh Tokopedia. Lalu berapa banyak biaya yang harus anda masukkan untuk mengiklankan produk anda dengan menggunakan top ads Tokopedia?

Biaya yang disarankan untuk bisa memaksimalkan iklan dengan menggunakan top ads Tokopedia sebenarnya tidak bisa dipatok. Hal tersebut sangat ditentukan dengan keyword apa yang anda pilih.

Namun mudahnya, gunakan minimal Rp 100 untuk mengiklankan produk anda. Jangan pernah memasukkan biaya iklan per klik sebesar Rp 50 ataupun mengikuti saran yang diberikan oleh Tokopedia.

Setelah itu, sebaiknya anda juga harus terus memantau hasil dari pengaturan penggunaan fitur top ads Tokopedia tersebut. Jika memang anda merasa iklan anda masih belum sering dilihat, anda bisa menaikkan biaya iklan per klik sedikit demi sedikit.

Baca Juga Peluang Usaha dengan Modal Kecil

3.     Produk mana yang harus anda iklankan terlebih dahulu?

Setelah membahas mengenai keyword dan juga biaya dalam menggunakan fitur top ads Tokopedia, selanjutnya anda juga perlu menentukan mana produk yang wajib anda promosikan terlebih dahulu.

Bagi anda yang masih memiliki jenis produk yang tidak terlalu banyak, mungkin anda bisa langsung mengiklankan semua produk yang anda jual.

Namun beda ceritanya jika anda sudah memiliki puluhan jenis produk untuk dijual. Kemungkinan besar pasti anda masih bingung menentukan mana produk yang harus anda iklankan terlebih dahulu menggunakan fitur top ads Tokopedia.

Berikut ini adalah kriteria produk yang sebaiknya anda promosikan terlebih dahulu dengan menggunakan fitur top ads Tokopedia:

  • Produk yang keuntungannya cukup besar.
  • Produk yang anda rasa memiliki kualitas paling baik dari semua produk yang anda jual.
  • Anda yang satu-satunya yang menjadi penjual produk tersebut.
  • Produk yang stoknya masih menumpuk.
  • Produk yang cukup unik namun belum banyak terjual.

Jadi jika di toko online anda terdapat berbagai macam produk dengan kriteria tersebut, segera iklankan produk tersebut dengan menggunakan top ads Tokopedia.

Baca Juga Peluang Usaha Tanpa Keluar Rumah yang Menjanjikan

4.     Kategori produk

Faktor penting terakhir yang juga wajib anda perhatikan ketika akan menggunakan fitur top ads Tokopedia adalah kategori dari produk yang akan anda promosikan.

Sebisa mungkin kelompokkan produk yang anda jual kedalam kategori produk selengkap mungkin. Jangan pernah mengiklankan produk yang anda kategorikan kedalam golongan “lain-lain”.

Kenapa? Karena produk yang masuk kedalam golongan tersebut sangat tidak spesifik dan kemungkinan besar mengiklankannya menggunakan fitur top ads Tokopedia tidak akan banyak membantu meningkatkan penjualan produk tersebut.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Dropship antar Marketplace

Sudah paham bukan bagaimana cara meningkatkan omset penjualan anda di Tokopedia dengan menggunakan fitur top ads Tokopedia? Jadi berapa banyak produk yang akan anda iklankan menggunakan top ads Tokopedia nanti?

Dapatkan Info Bisnis Terbaru

Langsung di kirim ke Emailmu

Terimakasih telah berlangganan

Ada sesuatu yang salah..

Leave a Reply