Trik Jualan di Tokopedia, Meningkatkan Loyalitas Pelanggan – Setiap orang yang menekuni bisnis jualan online pasti sangat ingin memiliki pelanggan yang loyal. Pasalnya, anda bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dengan memiliki pelanggan yang loyal.
Sayangnya, memiliki pelanggan yang loyal itu cukup sulit bagi anda yang jualan di marketplace Tokopedia. Alasan kenapa anda pasti sulit memiliki pelanggan yang loyal di Tokopedia ataupun marketplace lain karena kebanyakan pembeli di marketplace itu mencari harga yang termurah.
Namun meskipun tidak mudah, sebenarnya masih ada cukup banyak cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan bagi anda yang jualan di Tokopedia.
Penasaran mengenai bagaimana cara meningkatkan loyalitas pelanggan di marketplace seperti Tokopedia? Jika anda tertarik, anda bisa pelajari lebih lanjut berbagai macam trik untuk meningkatkan loyalitas konsumen bagi anda yang jualan di Tokped lebih lanjut melalui artikel ini.
Apa Untungnya Memiliki Pelanggan Loyal Bagi Anda yang Jualan di Tokopedia?
Sebelum membahas mengenai berbagai macam trik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, anda sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa saja keuntungan memiliki pelanggan loyal.
Baca Juga : Membuat Foto Produk yang menarik dan Menjual
Berikut merupakan beberapa keuntungan memiliki pelanggan loyal bagi anda yang jualan di marketplace Tokopedia:
– Jauh lebih mudah menjual produk baru
Keuntungan pertama bagi anda yang memiliki pelanggan loyal adalah lebih mudah menjual produk baru.
Jika anda ingin bertahan dan terus meningkatkan bisnis jualan di Tokopedia, mau tidak mau anda harus menambah jenis produk yang anda jual. Pasalnya, laku tidaknya produk yang anda jual di marketplace itu tergantung dari trend.
Dengan memiliki pelanggan yang loyal, anda sudah memiliki target untuk mempromosikan produk anda.
– Memastikan ada repeat order di toko online anda
Memiliki banyak pelanggan yang loyal bagi anda yang jualan di tokped juga sangat menguntungkan karena kesempatan untuk mendapatkan repeat order menjadi lebih besar.
Perlu anda ketahui, mendapatkan repeat order jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan mencari pembeli baru.
Baca Juga : Cara Membuat Toko Online di instagram yang Menarik
– Memiliki jaringan promosi yang kuat
Memiliki pelanggan yang loyal juga sangat menguntungkan karena anda sama halnya seperti memiliki barisan agen-agen marketing yang kuat. Bedanya, anda tidak perlu membayar agen-agen promosi tersebut.
Mayoritas orang yang sudah menjadi pelanggan loyal pasti dengan sukarela mempromosikan baik toko online maupun produk yang anda jual.
Semakin banyak jumlah pelanggan loyal yang anda miliki, anda yang jualan di marketplace Tokopedia juga sekaligus menjadi lebih mudah mendapatkan pembeli baru.
– Menghemat biaya promosi
Satu lagi keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan memiliki pelanggan yang loyal adalah anda bisa menghemat biaya promosi jualan di Tokopedia.
Ketika brand anda sudah cukup dikenal karena promosi yang dilakukan oleh mayoritas pelanggan yang loyal, anda sudah tidak perlu lagi melakukan promosi sebanyak awal mula jualan di tokped.
Baca juga : Barang yang cepat laku di jual online
Contoh menghemat biaya promosi karena sudah memiliki pelanggan yang loyal bisa anda lihat secara langsung dari brand-brand seperti Apple, Lamborgini, dan juga Channel.
Brand tersebut sudah berhasil membangun konsumen yang loyal. Oleh sebab itu, brand tersebut sudah tidak perlu lagi melakukan promosi. Semua orang secara otomatis sudah mengetahui bahwa produk yang dijual oleh brand tersebut memang benar-benar berkualitas.
4 Trik Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Bagi Anda yang Jualan di Tokopedia
Memiliki banyak pelanggan yang loyal memang sangat menguntungkan bagi anda. Namun memang proses untuk meningkatkan loyalitas pelanggan di marketplace itu tidak mudah.
Meskipun tidak mudah, sebenarnya masih ada cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan bagi anda yang jualan di marketplace Tokopedia.
Berikut ini adalah beberapa macam trik khusus yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan loyalitas para pembeli di Tokopedia:
Baca juga : Cara menjadi dropship
1. Mencatat semua informasi penting dari pembeli
Bagi anda yang jualan di Tokopedia dan ingin membangun loyalitas pelanggan, anda wajib mulai mencatat berbagai macam informasi penting dari pembeli.
Beberapa macam informasi yang perlu anda catat dari pembeli adalah apa saja produk yang sudah mereka beli dari anda, alamat pembeli, dan juga nama pembeli.
Lalu apa hubungannya mencatat berbagai informasi penting dari pembeli tersebut dengan meningkatkan loyalitas pelanggan?
Dengan memiliki catatan khusus tersebut, anda bisa memberikan pelayanan lebih ekstra bagi mereka yang sudah pernah membeli dari anda.
Baca Juga : Kerja Sampingan Online Menguntungkan
Yang dimaksud dengan pelayanan ekstra tersebut seperti memanggil nama dari pembeli anda. Memanggil nama dari pembeli anda memang tampaknya biasa saja. Namun sebenarnya, hal tersebut efeknya sangat luar biasa bagi konsumen.
Mayoritas pembeli pasti sangat senang ketika ada penjual yang mengingat nama mereka dan bahkan apa saja produk yang pernah mereka beli.
2. Memberikan harga khusus bagi pelanggan yang sudah membeli beberapa kali di toko anda
Setiap orang yang belanja di Tokopedia memang mencari toko yang menjual produk dengan harga paling murah. Namun anda tidak perlu menurunkan harga produk anda untuk bersaing dengan penjual lain.
Anda bisa bersaing dengan cara meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal. Salah satu caranya adalah dengan memberikan harga khusus bagi pelanggan yang sudah membeli beberapa kali di toko anda.
Bagi anda yang jualan di Tokopedia memang belum bisa secara langsung memberikan harga khusus secara otomatis. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan cara mengembalikan uang yang dibayarkan dari pembeli.
Sebagai penjual, anda bisa mengembalikan sekian persen uang yang dibayarkan oleh langganan anda di dalam paket yang anda kirimkan.
Cara meningkatkan loyalitas pelanggan satu ini memang tampaknya mengurangi keuntungan anda. Namun hal tersebut akan terbayar jika anda sudah memiliki cukup banyak pelanggan yang loyal.
Baca juga : Usaha Modal Kecil Untung Besar Mudah di Jalankan
3. Memberikan bonus spesial tanpa sepengetahuan pembeli
Selain memberikan harga spesial bagi konsumen yang sudah berkali-kali membeli produk di toko anda, anda juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dengan cara memberikan bonus spesial.
Bagi anda yang jualan di MP Tokopedia, anda sangat disarankan untuk memberikan bonus tanpa sepengetahuan pembeli. Bonus yang anda berikan tidak harus mahal harganya.
Anda bahkan bisa memberikan berbagai macam pernak pernik yang anda buat sendiri sebagai bonus spesial. Mayoritas pembeli sebenarnya tidak membutuhkan bonus dengan harga yang mahal.
4. Menawarkan produk terbaru kepada pembeli dengan harga lebih murah
Anda tidak hanya bisa meningkatkan loyalitas pembeli dengan cara memberikan harga produk yang lebih murah.
Bagi anda yang jualan di Tokopedia, anda juga bisa meningkatkan loyalitas pembeli dengan menawarkan produk terbaru kepada langganan anda dengan harga yang lebih murah.
Trik ini tidak hanya membuat pembeli merasa dihargai dan dianggap spesial saja. Trik ini sekaligus juga dapat meningkatkan penjualan produk terutama produk baru di toko online anda.
Sebenarnya masih ada banyak sekali trik yang bisa digunakan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun 4 trik yang sudah dibahas di artikel ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan modal yang terlalu besar bagi anda yang jualan di marketplace Tokopedia.
Baca juga => Cara memulai Bisnis Online Droship antar Marketplace Indonesia
Setelah membaca mengenai bagaimana caranya meningkatkan loyalitas pembeli bagi anda yang jualan di Tokopedia, kapan anda akan mulai mencoba mempraktekkan trik-trik tersebut?
2 Komentar