Cara Praktis Jualan di Instagram Untuk Pemula

Cara Praktis Jualan di Instagram Untuk Pemula – Taukah anda bahwa Instagram juga bisa digunakan untuk menjual berbagai macam produk secara online? Jika selama ini anda belum berhasil menjual produk di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, ataupun Bukalapak, mungkin anda perlu jualan di Instagram.

Kebanyakan orang memang beranggapan jualan di Instagram itu lebih sulit dibandingkan dengan jualan di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan juga Shopee.

Secara persiapannya memang jualan di Instagram bisa dikatakan lebih kompleks dibandingkan dengan berjualan di marketplace. Namun jika dilihat dari potensinya, sebenarnya jualan di Instagram tidak kalah dengan marketplace. Bahkan bisa dikatakan potensi jualan produk di Instagram jauh lebih besar dibandingkan di marketplace. Berjualan di instagram juga sangat mudah tanpa ribet upload nya harus mengisi banyak kolom-kolom seprti dimarketplace. Dan bisnis ini bisa di jalankan oleh semua orang baik karyawan ataupun mahasiswa apa lagi ibu ibu rumah tangga

Apakah anda masih bingung mengenai apa yang harus anda lakukan terlebih dahulu untuk mulai jualan di Instagram? Bagi anda yang masih belum paham mengenai seluk beluk jualan online di Instagram, anda bisa membaca panduan praktis yang dibuat untuk pemula di artikel ini.

Cara Praktis Jualan di Instagram Untuk Pemula

Cara Praktis Jualan di Instagram Untuk Pemula

Apa Saja yang Anda Butuhkan Untuk Mulai Jualan di Instagram?

Sebelum bisa mulai jualan di Instagram, ada beberapa hal yang wajib and persiapkan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang anda butuhkan untuk bisa mulai menjual berbagai macam produk secara online di Instagram :

– Produk untuk dijual secara online

Hal pertama yang perlu anda persiapkan sebelum mulai jualan di Instagram adalah produk. Perlu anda ketahui, memang anda bisa menjual berbagai macam produk menggunakan Instagram.

Namun demikian, hanya ada beberapa jenis produk saja yang benar-benar merupakan produk yang laris manis dijual dengan menggunakan Instagram.

Baca Juga: Cara Promosi di Instagram yang benar dan menarik

Bagi anda yang masih pemula, anda lebih disarankan untuk memilih menjual berbagai macam produk dengan tema fashion. Kenapa produk yang dipilih harus produk dengan tema fashion?

Karena produk tema fashion jauh lebih mudah untuk dijual dengan menggunakan Instagram. Hal tersebut dikarenakan mayoritas pengguna sosial media Instagram yang aktif adalah wanita.

Karena mayoritas pengguna aktif sosial media Instagram adalah wanita, maka produk yang paling berpotensi adalah produk fashion.

Selain karena alasan lebih berpotensi untuk dijual, produk fashion juga lebih mudah untuk dikirim menggunakan jasa pengiriman barang jika dibandingkan dengan produk lainnya.

– Akun Instagram bisnis

Bagi anda yang ingin jualan di Instagram, ada baiknya anda juga sudah memiliki akun Instagram bisnis.

Kenapa harus akun bisnis? Karena jualan dengan menggunakan akun bisnis jauh lebih profesional di mata calon kosnumen.

Selain itu, akun bisnis juga dapat mempermudah calon konsumen untuk menghubungi anda karena terdapat tombol kontak.

Jika memungkinkan, anda juga sebaiknya menggunakan akun Instagram bisnis yang sudah memiliki banyak follower. Jualan di Instagram menggunakan akun yang sudah memiliki banyak follower akan jauh lebih mudah.

Baca Juga : Usaha Online yang Menguntungkan

Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan konsumen pertama jika menjual produk secara online dengan menggunakan akun Instagram bisnis yang sudah memiliki banyak follower.

– Foto produk yang berkualitas

Selain akun Instagram bisnis dan juga produk, anda juga perlu menyiapkan foto produk yang memukau untuk diunggah ke dalam akun Instagram.

Kualitas foto produk yang anda unggah di akun Instagram akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari jualan di Instagram.

Kebanyakan orang gagal jualan di Instagram bukan karena tidak memiliki banyak follower ataupun produknya kurang menarik. Kebanyakan orang gagal menjual produk di Instagram karena foto produk yang diunggah kurang berkualitas.

Langkah-Langkah Mulai Jualan di Instagram

Setelah semua hal yang anda butuhkan untuk jualan di Instagram siap, selanjutnya anda bisa mulai menjual produk secara online di Instagram.

Bagi anda yang masih pemula, kemungkinan besar anda masih belum paham mengenai apa yang harus anda lakukan pertama kali untuk mulai jualan di Instagram.

Jika anda masih bingung mengenai apa saja yang harus anda lakukan, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

– Mulai unggah foto produk

Jika anda memang sudah siap untuk memulai jualan di Instagram, pertama-tama mulai unggah foto produk.

Di dalam mengunggah foto produk, sangat disarankan untuk tidak langsung mengunggah terlalu banyak foto produk dalam waktu sehari. Dari pengalaman para penjual produk di Instagram, mereka kebanyakan hanya mengunggah 5 sampai maksimal 10 produk saja dalam satu hari.

Kenapa anda harus membatasi mengunggah foto produk? Karena jika anda mengunggah terlalu banyak foto produk dalam waktu singkat, mayoritas follower yang tidak tertarik dengan produk anda akan merasa terganggu.

Baca Juga : Cara Membuat Foto Produk yang Menarik dan Menjual

Selain itu, terlalu banyak menunggah foto produk juga dapat menyebabkan calon konsumen justru kebingungan memilih produk yang anda jual.

– Sertakan deskripsi produk dan harga yang jelas di caption

Setelah menunggah foto produk, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menuliskan deskripsi dan juga harga produk sejelas mungkin di caption.

Jangan pernah membuat calon konsumen harus menghubungi anda terlebih dahulu untuk menanyakan harga produk. Kenapa? Karena hal tersebut sangat tidak praktis bagi calon konsumen.

– Gunakan hastag yang berhubungan dengan produk yang anda jual sewajarnya

Salah satu kelebihan jualan di Instagram adalah karena adanya fitur hastag. Dengan adanya fitur hastag, anda bisa mempromosikan produk yang anda jual kepada lebih banyak orang, bahkan mereka yang belum menjadi follower anda.

Namun banyak sekali yang salah menggunakan fitur hastag dalam mendukung jualan di Instagram. Sebisa mungkin gunakan hastag sesuai dengan produk yang anda jual. Jangan menuliskan hastag yang sama sekali tidak berhubungan dengan produk yang anda jual.

Baca Juga Cara Membuat Toko Online di Instagram yang Menarik

Selain itu, anda juga sebaiknya membatasi penggunaan hastag untuk setiap foto produk yang anda unggah di akun Instagram. Batas wajar penggunaan hastag untuk setiap postingan di Instagram adalah 5 sampai 10 hastag.

– Promosikan produk dan akun Instagram

Setelah mengunggah foto produk, mengisi deskripsi produk, dan melengkapi setiap foto produk dengan hastag yang tepat, selanjutnya anda juga perlu melakukan promosi untuk memperkenalkan produk yang anda jual kepada calon konsumen.

Ya, anda memang sudah melakukan promosi dengan mengunggah produk di akun Instagram. Setiap follower akun Instagram anda pasti akan menyaksikan foto produk yang anda unggah.

Namun untuk anda yang ingin memaksimalkan jualan di Instagram, anda juga perlu melakukan promosi diluar akun instagram anda.

Ada banyak sekali metode promosi akun Instagram dan produk yang bisa digunakan untuk meningkatkan potensi jualan di Instagram.

Beberapa metode promosi jualan di Instagram yang cukup efektif adalah dengan memasang iklan di beberapa akun instagram lain yang memiliki follower cukup banyak.

Selain itu, anda juga bisa melakukan promosi berantai dengan memanfaatkan jumlah follower akun Instagram yang anda miliki.

Baca Juga : Cara Memulai Dropship antar marketplace dan Instagram

Sekarang anda sudah paham bukan tentang bagaimana cara jualan di Instagram itu? Ya, memang jualan di Instagram itu membutuhkan proses yang lebih banyak dibandingkan dengan jualan di marketplace.

Namun demikian, ada lebih banyak keuntungan jualan di Instagram dibandingkan dengan di marketplace. Salah satunya adalah anda tidak perlu bersaing secara langsung dengan toko-toko online lainnya dengan jualan di Instagram.

Dapatkan Info Bisnis Terbaru

Langsung di kirim ke Emailmu

Terimakasih telah berlangganan

Ada sesuatu yang salah..

Leave a Reply