Cara Mengatasi Jualan Sepi Bagi Penjual di Tokopedia

Cara Mengatasi Masalah Jualan Sepi Bagi Penjual di Tokopedia – Jaman sekarang memang lebih banyak konsumen memilih membeli produk secara online. Pasalnya, anda bisa dengan mudah menemukan berbagai macam produk di marketplace online. Selain itu, ada banyak sekali penjual atau pedagang atau seller yang siap memberikan harga termurah di marketplace online.

Meskipun dari trend terlihat bahwa jualan di marketplace itu tampak menjanjikan, namun sebenarnya hal ini kurang begitu tepat. Pasalnya, semakin tinggi potensi jualan online, secara otomatis akan semakin banyak pula orang yang menjalani usaha tersebut.

Jika sudah terlalu banyak orang yang menjual produk secara online, pasti ada beberapa penjual yang merasakan jualan sepi dibandingkan dengan beberapa waktu lalu.

Akhir-akhir ini, cukup banyak penjual di Tokopedia yang mengeluhkan mengenai jualan sepi. Sebenarnya sangat wajar jika saat ini jualan sepi, masalahnya, popularitas Tokopedia juga mulai berkurang setelah muncul marketplace baru bernama Shopee.

Lalu bagaimana solusi terbaik yang harus anda lakukan untuk mengatasi masalah jualan sepi di Tokopedia tersebut? Bagi anda yang mengalami jualan sepi, anda bisa membaca lebih lanjut mengenai berbagai macam kiat efektif untuk meningkatkan kembali penjualan online di Tokopedia melalui artikel ini.

Jualan-Sepi

Jualan Sepi

Faktor yang Biasanya Menyebabkan Penjual di Tokopedia Mengalami Masalah Jualan Sepi Diluar Persaingan Antar Marketplace

Ya, memang diakui atau tidak, kedatangan Shopee di tanah air memang memberikan efek yang cukup menakutkan bagi penjual di Tokopedia. Shopee memberikan berbagai macam promosi menarik seperti gratis ongkir untuk menarik konsumen beralih dari belanja di Tokopedia menjadi di Shopee.

Baca juga : Cara Upload produk ke tokopedia dengan IMPORTER

Namun sebenarnya, hal tersebut bukanlah satu-satunya alasan kenapa banyak penjual di Tokopedia yang mengalami jualan sepi.

Masalah jualan sepi yang dialami oleh penjual di Tokopedia juga bisa disebabkan karena beberapa faktor berikut ini:

·         Produk yang dijual sudah bukan termasuk produk yang banyak dicari lagi

Faktor pertama yang bisa menjadi penyebab masalah jualan sepi di Tokopedia maupun di berbagai marketplace lain adalah karena produk yang anda jual sudah tidak masuk kedalam kategori produk yang banyak dicari lagi.

Jika anda menjual produk yang bukan merupakan produk trend lagi, secara otomatis penjualan andapun akan turun drastis.

Contoh jualan sepi yang disebabkan karena produk yang anda jual bukan merupakan produk yang banyak dicari bisa dilihat dari penjual-penjual batu akik.

Dulunya, mayoritas penjual batu akik mulai menawarkan produknya di Tokopedia. Di masa batu akik masih sangat laku, tentu mayoritas penjual batu akik di Tokopedia kebanjiran orderan.

Namun setelah trend batu akik berakhir, penjualan batu akik di Tokopedia langsung terjun bebas.

·         Kualitas pelayanan menurun

Selain dikarenakan produk yang anda jual, permasalahan jualan sepi di Tokopedia juga bisa disebabkan karena kualitas pelayanan yang anda berikan kepada konsumen menurun drastis.

Hal ini biasanya dialami oleh penjual yang dulunya cukup laris di Tokopedia. Setelah jualan mulai laris, kebanyakan penjual langsung lupa diri dan merasa sombong.

Kebanyakan penjual yang mulai mendapatkan banyak orderan di Tokopedia langsung melayani konsumen secara asal-asalan. Menurut kebanyakan penjual, mereka masih memiliki cukup banyak pembeli.

Baca juga Tips Memaksimalkan Top Ads Tokopedia

Jika hal tersebut diteruskan, lama kelamaan toko online anda di Tokopedia juga akan mengalami sepi pembeli. Pasalnya, kepuasan pelanggan itu tetap yang nomor satu.

Jika ada satu saja konsumen yang merasakan pelayanan anda mulai menurun, kemungkinan besar mereka akan menyebarkan informasi tersebut kepada orang lain.

·         Kualitas produk yang dijual mengalami penurunan

Jika memang bukan karena 2 faktor yang sudah dijabarkan sebelumnya, kemungkinan jualan sepi juga bisa disebabkan karena kualitas produk yang sekarang anda jual tidak sebagus dulu.

Menjual produk sejenis dengan kualitas yang berbeda jauh juga sering menjadi penyebab utama kenapa seorang penjual di Tokopedia yang dulu cukup ramai menjadi sepi pembeli.

5 Cara Meningkatkan Kembali Penjualan Produk di Tokopedia Bagi Anda yang Mulai Merasakan Jualan Sepi

Lalu apakah anda yang sekarang mulai merasakan jualan sepi di Tokopedia sudah tidak memiliki harapan lagi? Sebenarnya anda masih memiliki harapan untuk meningkatkan kembali penjualan di Tokopedia.

Hanya saja, anda memang harus bekerja lebih keras dari sebelumnya untuk bisa meningkatkan kembali penjualan di Tokopedia.

Selain mengatasi 3 hal yang menjadi faktor penyebab jualan sepi yang sudah dibahas sebelumnya, anda juga bisa menggunakan beberapa kiat meningkatkan penjualan di Tokopedia berikut ini:

1.     Ganti foto produk anda dengan yang lebih berkualitas

Bagi anda yang mulai merasakan jualan sepi di Tokopedia, anda bisa mulai mengganti beberapa macam foto produk di toko anda.

Ganti foto produk lama anda dengan yang jauh lebih berkualitas dari sebelumnya. Mengganti foto produk di toko online anda sekilas memang tampak tidak memberikan efek apapun.

Namun sebenarnya, mengganti foto produk anda dengan yang lebih berkualitas sedikit banyak memberikan wajah baru bagi toko online anda di Tokopedia.

Baca juga Cara membuat foto produk yang menarik dan menjual

2.     Perbanyak jenis produk yang anda jual

Jika memang produk-produk lama yang anda jual sudah tidak bisa mendatangkan konsumen, anda bisa mulai mencari jenis produk baru untuk dijual di Tokopedia.

Menambahkan jenis produk baru di toko online anda, sedikit banyak juga dapat membantu mengatasi masalah jualan sepi.

Dengan memiliki jenis produk baru yang dijual di toko online, anda memiliki kesempatan lagi untuk mendapatkan konsumen baru.

Baca juga Produk yang laku di jual online

3.     Promosikan produk yang anda jual di luar Tokopedia

Bagi anda penjual yang merasakan jualan sepi di Tokopedia, anda sebaiknya juga wajib mulai mempromosikan berbagai macam produk anda di luar Tokopedia.

Ada banyak sekali media promosi yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan baik produk maupun toko online anda di Tokopedia secara gratis. Anda bisa memanfaatkan situs media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Selain itu, anda juga bisa mempromosikan toko online sekaligus produk yang anda jual di Tokopedia melalui aplikasi messenger di smartphone anda.

Jika memang anda memiliki dana berlebih, sangat disarankan untuk menggunakan iklan berbayar, terutama di Instagram dan juga Facebook.

Memang anda harus mengeluarkan dana untuk bisa beriklan di Facebook maupun Instagram. Namun dengan sedikit dana, anda bisa mendapatkan hasil yang lebih besar.

4.     Segera menjadi gold merchant

Khusus bagi anda yang dari awal sampai sekarang belum menggunakan fitur berbayar di Tokopedia, sebaiknya segera gunakan fitur tersebut.

Salah satu fitur yang sebenarnya wajib digunakan oleh penjual adalah fitur gold merchant Tokopedia. Dengan menjadi gold merchant, anda bisa menggunakan berbagai macam fitur menarik.

Dengan menggunakan berbagai fitur tersebut, kesempatan anda untuk bebas dari masalah jualan sepi akan semakin tinggi.

5.     Gunakan promo-promo khusus dari Tokopedia

Salah satu alasan kenapa jualan sepi di Tokopedia adalah karena kalah bersaing dengan penjual di Shopee. Apalagi shopee sekarang lagi promo gila gilaan, semua promo ada di shopee membuat pembeli pindah marketplace untuk belanja

Namun akhir-akhir ini, Tokopedia juga meluncurkan beberapa macam promo menarik yang bisa digunakan oleh penjual untuk meningkatkan penjualannya.

Baca Juga Cara Memulai Bisnis Droship Antar Marketplace

Oleh sebab itu, jangan sampai anda tidak menggunakan promo-promo baru yang dibuat oleh Tokopedia tersebut.

Bagaimana? Apakah anda sudah bersemangat kembali untuk meningkatkan penjualan anda di Tokopedia setelah mengetahui apa saja kiat untuk mengatasi masalah jualan sepi?

Lalu kapan anda akan mulai menjalankan solusi yang bisa membantu mengatasi jualan sepi di Tokopedia tersebut? Ingat, semakin cepat anda melaksanakan solusi tersebut, semakin cepat anda bisa memiliki toko online yang ramai pembeli lagi di Tokopedia.

Dapatkan Info Bisnis Terbaru

Langsung di kirim ke Emailmu

Terimakasih telah berlangganan

Ada sesuatu yang salah..

Leave a Reply